Pengusaha China Zhong Shanshan Salip Warren Buffett di Daftar Orang Terkaya Dunia
Konglomerat asal China Zhong Shanshan. (Foto: Bloomberg)

Bagikan:

Jakarta – Media internasional segmentasi ekonomi Bloomberg pada Jumat, 8 Januari 2021 merilis daftar 10 orang terkaya di dunia dalam Bloomberg Billionaire Index. Pada laporan tersebut dituliskan bahwa Elon R. Musk berhasil berhasil menempati posisi teratas dengan torehan harta 195 miliar dolar AS

Yang menarik, nama Zhong Shanshan dari China berhasil menyodok ke urutan enam daftar orang paling tajir seantero bumi dengan nilai kekayaan 93,1 miliar dolar AS. Capaian tersebut menyalip perolehan harta pengusaha kawakan AS Warren Buffet yang disebutkan berjumlah 88,2 miliar dolar AS.

Atas pencapaian Zhong tersebut, pria dengan bisnis utama produk air minum kemasan itu berhasil menobatkan diri sebagai manusia paling kaya di benua Asia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun redaksi, Zhong merupakan bos dari Nongfu Spring Co. salah satu perusahaan raksasa asal China. Melalui grup usahanya, Zhong pernah berhasil membawa saham Nongfu naik 200 persen saat pertama kali melantai di bursa efek China pada September tahun lalu.

Bahkan, pada sesi perdagangan awal tahun saham Nongfu tercatat naik hingga 18 persen. Disinyalir, situasi tersebut merupakan imbas dari mulai pulihnya aktivitas ekonomi di Negeri Panda ini.

Bloomberg sendiri mencatat kekayaan Zhong bertambah sekitar 14,9 miliar dolar AS pada akhir tahun lalu. Sementara rival terdekatnya, yaitu Warren Buffett, hanya mampu menghimpun sekitar 574 juta dolar secara tahunan.

Sementara itu, kejutan lain juga terjadi di daftar teratas orang paling kaya. Jeff Bezos yang sempat menempati posisi pertama selama beberapa waktu harus rela digusur oleh Elon R. Musk.

Jeff yang dengan korporasi utamanya Amazon.com, hanya mampu menghimpun kekayaan sebesar 185 miliar dolar AS, lebih sedikit dari yang dimiliki Elon dengan total 195 miliar dolar AS.

Sementara pemilik Facebook Inc., Mark Zuckerberg berada di posisi ke lima dengan nilai kekayaan sebesar 102 miliar dolar AS. Angka tersebut turun 1,63 miliar dolar AS dibandingkan dengan yang dia himpun pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Berikut adalah daftar lengkap 10 orang terkaya dunia versi Bloomberg Billionaire Index edisi 8 Januari 2020.