DLH Alokasikan Rp1,8 Miliar untuk Gaji Tenaga Kebersihan Lampung Barat 2023
Ilustrasi. Personel satuan tugas kebersihan membersihkan sisa sampah setelah penyelenggaraan acara di Jakarta. (Antara- Aprilio Akbar)

Bagikan:

LAMPUNG - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat mengatakan hanya mendapatkan alokasi anggaran Rp1,8 miliar untuk tahun 2023.

Kepala Bidang Kebersihan DLH Kabupaten Lampung Barat, Ardiansyah Fikri mengungkapkan, anggaran tersebut minim sehingga pihaknya hanya bisa dialokasikan untuk gaji para tenaga kebersihan.

Selain gaji tenaga kebersihan, sisa dari anggaran tersebut nantinya akan dipakai untuk biaya operasional dan administrasi lainnya.

"Gaji tenaga kebersihan itu per bulan Rp 900 ribu, kita punya 129 tenaga kebersihan, jika dikalikan kira-kira menjadi Rp 116 juta lebih, dikalikan lagi dengan jumlah bulan menjadi sekitar Rp 1,4 miliar," kata dia, Rabu 22 Februari, disitat Antara.

Dia bilang, untuk sisanya itu akan dialihkan untuk biaya operasional seperti biaya administrasi, dan kebutuhan armada lainnya.

Kemudian, lanjut dia, untuk 129 tenaga kebersihan itu adalah tenaga kebersihan yang masih aktif dalam mengatasi masalah sampah di Lampung Barat.

"Jumlah tersebut, sudah terdiri dari supir truk, supir bentor, petugas penyapu jalan, dan pengangkut sampah ke dump truck," ujar dia.

Diketahui, pihak DLH Lampung Barat sudah rutin melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait permasalahan sampah yang ada di Lampung Barat ini.