Jokowi Soal Ibu Kota Pindah ke IKN Nusantara: Alasan Utamanya Pemerataan
Jokowi dalam Pembukaan Muktamar XVIII PP Muhammadiyah 2023 di Balikpapan, Kaltim, Rabu 22 Februari. (Tangkapan layar YT Setkab)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengatakan alasan utama dibalik pemindahan pusat pemerintahan dari Jakarta ke ibu kota negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim) adalah pemerataan.

"Alasan pokoknya adalah pemerataan," kata Jokowi dalam Pembukaan Muktamar XVIII PP Pemuda Muhammadiyah Tahun 2023 di Balikpapan, Kaltim, Rabu 22 Februari, dipantau dari YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi kemudian menjelaskan Indonesia memiliki sekitar 17 ribu pulau. Namun, pertumbuhan ekonomi tertinggi di Tanah Air dinikmati Pulau Jawa. Produk domestik bruto (PDB) Pulau Jawa terkini tercatat tumbuh 58 persen.

"Terus yang 16.999 pulau itu diberi bagian berapa persen? Semuanya ada di Jawa 58 persen dan 56 persen penduduk Indonesia itu ada di Jawa, betapa sangat padatnya Pulau Jawa sehingga memerlukan namanya pemerataan pembangunan. Tidak Jawasentris tp Indonesiasentris," kata Jokowi.

Selain alasan utama yang diungkapkan, Jokowi menjelaskan faktor lain pemindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN Nusantara.

Jokowi menjelaskan nantinya Jakarta akan dijadikan pusat bisnis, pariwisata ekonomi. Sedangkan Nusantara bakal disiapkan sepenuhnya menjadi pusat pemerintahan

Kepala negara mengatakan perpindahan ibu kota tidak bisa secepat kilat. Perlu persiapan sehingga ditargetkan pembangunan IKN baru rampung sekitar 15-20 tahun mendatang.

"Tapi kita harus berani memulainya," tantang Jokowi.