Dua Kecamatan Sumba Timur Dapat Prioritas Vaksin COVID-19, Pemkab Siapkan Gudang Obat
Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora (Sumber: sumbatimurkab.go.id)

Bagikan:

JAKARTA - Bupati Sumba Timur, Nusa Tenggara Barat (NTT) Gidion Mbilijora mengatakan dua kecamatan di daerahnya Kota Waingapu dan Kambera mendapat prioritas vaksin COVID-19. Gidion mengaku sudah siap untuk melakukan vaksinasi, ia tinggal menanti petunjuk pelaksanaannya saja. 

"Kalau operasionalnya kami sudah siap. Tapi kami belum mendapat petunjuk pelaksanaannya sampai sekarang," kata Gidion, Rabu 6 Desember.

Kepada jurnalis VOI, dia menjelaskan orang yang pertama divaksin yakni para tenaga kesehatan. "Karena mereka rentan sekali," ujarnya.

Sementara itu kelompok prioritas penerima vaksin yakni penduduk berusia lebih dari 18 tahun. 

Persiapan vaksinasi

Segala aspek sudah Gidion siapkan untuk vaksinasi COVID-19. Mulai dari sumber daya manusianya, sampai infrastruktur penyimpanan vaksinnya. 

"Kami sudah persiapan SDM-nya, mulai dari aparat, tenaga medisnya juga kami siapkan yang memang sudah terbiasa memvaksin. Infrastuktur juga aman. Kita ada gudang obat di sini," jelas Gidion. 

Namun, saat ini Gidion masih belum bisa menghubungi calon orang-orang yang mendapatkan vaksin. Sebab, dirinya belum mendapat petunjuk pelaksanaan. 

Bahkan dirinya belum mengetahui berapa dosis vaksin yang akan ia dapat.

"Kami juga belum tahu dapet berapa unit," kata dia.

Berdasarkan penuturan Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora saat ini vaksin COVID-19 baru sampai di Kupang, NTT.

"Tinggal menunggu di distribusi ke kabupaten," tandasnya.

Infografis oleh Raga Granada/VOI