Kantongi Satu Kursi Senat di Georgia, Partai Demokrat Berpotensi Cetak Sejarah
Raphael Warnock.(Twitter/@ReverendWarnock)

Bagikan:

JAKARTA - Partai Demokrat memenangi satu kursi Senat Amerika Serikat (AS) dalam pemilihan yang berlangsung di Georgia. Di sana, Partai Demokrat bersaing ketat dengan Partai Republik.

Melansir Reuters, calon senator Raphael Warnock dari Partai Demokrat sukses mengalahkan petahana dari Partai Republik Kelly Loeffler. Dengan jumlah suara yang masuk sebesar 98 persen, Warnock meraih 2.223.649 suara berbanding 2.173.804 suara atau selisih sekitar 50 ribu suara.

Sementara, calon senator lainnya dari Partai Demokrat Jon Ossoff, mengungguli petahana dari Partai Republik David Perdue dengan raihan 2.205.082 berbanding 2.192.276 suara. Sisa suara yang tersisa belum dihitung berada di wilayah yang dimenangkan Joe Biden, dengan sekitar 13 ribu suara yang akan dihitung di DeKalb County yang condong ke Demokrat. Total ada 4,5 juta suara yang diperebutkan 

Ini berdasarkan riset yang dilakukan oleh jaringan tv dan Edison Research. Sementara, hasil akhir dari perhitungan akan diketahui di penghujung hari ini. Jika Demkorat mampu menyapu bersih kedua kursi Senat di Georgia, ini akan menjadi sejarah baru di mana selama dua puluh tahun belum pernah ada calon senator asal Demokrat menang di Georgia.

Raphael Warnock
Raphael Warnock bersama pendukungnya (Twitter/@ReverendWarnock)

Kemenangan di Georgia juga membuat Demokrat nyaman, karena membuat mereka akan mengusai Kongres AS, baik di DPR maupun Senat. Kondisi yang bakal membuat Pemerintahan Joe Biden mendapat dukungan penuh Kongres.

Menariknya, Warnock yang seorang pengkhotbah baptis akan menjadi senator kulit hitam pertama dari Georgia. Sementara, Ossoff yang baru berusia 33 tahun bakal menjadi senator termuda di Senat AS jika keluar sebagai pemenang.