Pilih Main Golf di Skotlandia, Trump akan Boikot Pelantikan Biden?
Presiden Amerika Serikat Donald Trump. (Sumber: Wikimedia Commons)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Donald Trump diminta untuk tidak bermain golf di Skotlandia saat pelantikan Presiden terpilih Joe Biden berlangsung pada 20 Januari mendatang. 

Ini dikatakan oleh Menteri Utama Skotlandia Nicola Sturgeon saat memberikan keterangan pers. Ia pun menyebut perjalanan tersebut tidak penting di tengah kondisi pandemi COVID-19. 

"Saya tidak tahu apa rencana perjalanan Donald Trump. Kami tidak mengizinkan orang datang ke Skotlandia tanpa tujuan penting saat ini. Itu juga juga berlaku untuknya (Donald Trump), seperti yang berlaku untuk orang lain," katanya melansir skynews, Selasa, 5 Januari.

"Datang untuk bermain golf bukanlah apa yang saya anggap sebagai tujuan yang penting," imbuh Sturgeon.

Diketahui, rencana perjalanan ini diduga terkait tidak terimanya Trump atas hasil Pilpres AS yang dimenangkan oleh Joe Biden. Rencana perjalanan Trump diduga untuk memboikot upacara pelantikan Biden di hari yang sama.

Ilustrasi Lapangan Golf
Ilustrasi lapangan golf (@ann10/Unsplash)

The Sunday Post sebelumnya menuliskan Bandara Prestwick di Glasgow tengah bersiap untuk kedatangan pesawat militer Amerika Serikat pada 19 Januari.  

Mengutip sumber internal bandara, pesawat dimaksud adalan Boeing 757 versi militer milik Amerika Serikat. Bukan sembarang pesawat militer tentunya. 

"Pesawat itu biasanya digunakan oleh Wakil Presiden Amerika Serikat. Tapi, terkadang juga digunakan oleh Ibu Negara Amerika Serikat. Penerbangan kepresidenan cenderung dipesan jauh-jauh hari untuk dilakukan persiapan," kata sumber tersebut.

Diketahui, Trump disebut bakal bermain golf di Turnberry Golf Club miliknya yang berada di kawasan Pantai Ayrshire, di barat daya Skotlandia.