Trump Tinggalkan White House Sebelum Pelantikan Joe Biden
Donald Trump. (Instagram/realdonaldtrump)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden terpilih Joe Biden dan wakilnya Kamala Haris sedang bersiap untuk diambil sumpahnya sebagai Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS). Sayangnya beberapa jam sebelumnya, Presiden Donald Trump justru meninggalkan Gedung Putih dan tidak menghadiri acara pelantikan pelantikan Joe Biden sebagai presiden ke-46 AS.

Reuters melaporkan, Trump meninggalkan Gedung Putih di Washington DC, beberapa jam sebelum pelantikan Joe Biden sebagai presiden ke-46 AS. Hal ini memang sudah disinggung Trump dalam beberapa kesempatan.

“Untuk mereka yang telah bertanya, saya tidak akan menghadiri inagurasi pada 20 Januari nanti,” tegas Trump, sebelum akun Twitternya ditangguhkan.

Alasan Trump memutuskan tidak hadir belum diketahui. Namun, dia dikabarkan akan bertolak ke Florida 19 Januari 2020. Dengan ini, Trump jadi presiden keempat yang menolak menghadiria pelantikan suksesornya setelah era Andrew Johnson pada 1869.

Tentu ketidakhadiran Trump dalam acara pelantikan Joe Biden, menjadi sikap putusnya tradisi politik selama lebih dari satu setengah abad, yang dipandang sebagai cara untuk menegaskan transfer kekuasaan secara damai.

Dengan hanya sejumlah kecil peserta yang hadir, Biden dan Kamala akan diambil sumpah jabatan di hadapan Hakim Agung AS John Roberts. Wakil Presiden Mike Pence mewakili absennya Trump di acara pelantikan tersebut. 

Di antara tamu undangan, ada Presiden Barack Obama, Bill Clinton dan George W Bush. Termasuk dua penyanyi terkenal, yakni Lady Gaga dan Jennifer Lopez.

Adapun upacara pelantikan digelar di depan Gedung Kongres AS yang dijaga ketat. Sekitar 25.000 tentara telah berjaga-jaga di sekitar area upacara pelantikan, guna menanggulangi kerusuhan mematikan di Gedung Capitol pada tanggal 6 Januari lalu.