Bagikan:

JAKARTA - Partai Demokrat membuat sejarah dengan menyapu dua kursi Senat dari wilayah Negara Bagian Georgia. Ini dilakukan setelah calon senator dari Partai Demokrat Jon Ossoff memenangi pemilihan di sana.

Melasir Reuters Kamis 7 Januari, Ossoff yang merupakan pembuat film dokumenter mampu mengalahkan petahana Senator Partai Republik David Perdue. Ossoff meraih  50,3 persen suara sementara Perdue meraih 49,7 persen suara dari jumlah total suara yang sudah masuk sekitar 98 persen dengan selisih suara mencapai kisaran 35 ribu suara.

Sehari sebelumnya, kolega Ossoff, calon senator Raphael Warnock juga memenangkan pemilihan bersaing dengan petahana Senator Partai Republik Kelly Loeffler. Warnock meraih 50,8 persen suara berbanding 49,2 persen milik Loeffler dengan selisih suara sekitar 70 ribu suara. 

Jon Ossoff
Jon Ossof. (Twitter/@Ossoff)

Keduanya pun mencetak sejarah. Warnock bakal menjadi senator kulit hitam pertama dari Negara Bagian Georgia. Sementara Ossoff bakal menjadi senator termuda dengan usia 33 tahun.

Kemenangan ini juga membuat Partai Demokrat menguasai Kongres AS, baik Senat maupun DPR AS. Ini merupakan pertama kali dalam satu dekade terakhir partai pemenang Pilpres AS juga menguasai Kongres AS.