Jualan Kaesang Selain ANTM dan PGAS yang Berujung 'Panggilan' dari BEI
Kaesang Pangarep (Foto diambil dari Instagram kaesangp)

Bagikan:

JAKARTA - Anak bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep mau diundang Bursa Efek Indonesia (BEI) terkait aksi rekomendasi saham ANTM dan PGAS. Selain pemuda yang identik dengan rekomendasi Sangmology, BEI juga mengundang Raffi Ahmad dan Ari Lasso.

Kepada VOI saat dikonfirmasi, Direktur Perdagangan dan Penilaian Anggota Bursa BEI Laksono Widodo menjelaskan pihaknya menyambut baik inisiatif influencer mengajak masyarakat berinvestasi. Tapi tetap saja ada tanggung jawab yang melekat. Misalnya ada tuntutan hukum dari para pengikutnya jika merasa dikecewakan.

"Namun juga perlu mengingatkan mereka akan tanggung jawab moral mereka untuk para follower (pengikutnya) dan kemungkinan potensi tuntutan hukum dari para pengikutnya apabila ada yang bisa dikecewakan," ujar Laksono.

Berbicara soal Kaesang, enterpreneur muda ini memang begitu doyan bermanuver bisnis. Mulai dari bisnis fesyen, kuliner hingga startup pun dilakoni adik kandung wali kota Surakarta terpilih Gibran Rakabuming Raka. Apa saja bisnis milik Kaesang Pangarep?

1. Mangkok Ku

Pertengahan 2019, Mangkok Ku diluncurkan. Kaesang berkolaborasi dengan Gibran serta menggandeng Chef Arnold Purnomo, dan Randy Julius. Beberapa menu yang ditawarkan antara lain brisket spicy sauce, ox-tounge dabu, dan egg sausage mayo.

2. Ternakopi

Kaesang juga membuka gerai kopi. Minuman kopi olahannya diberi nama Ternakopi yang diluncurkan April 2019. Bisnis ini dijalankannya bareng Gibran Rakabuming.

3. Ikan Lele

Kaesang Pangarep sedang menjajaki bisnis ikan lele. Hal itu diungkap oleh Presiden Jokowi pada Februari 2019.

4. Aplikasi Madhang

Kaesang meluncurkan aplikasi Madhang pada Desember 2017. Aplikasi ini merupakan platform jual beli khusus masakan khas rumahan. 

5. Sang Javas-Truz

Kaesang kembali merilis brand baru di bisnis pakaian dengan nama Sang Javaz-Truz. Usaha ini memiliki konsep pakaian untuk para skatters dengan sistem kerja sama dengan brand lokal Truz. Bisnis ini dirintis lewat pembukaan outlet di Solo pada Februari 2018.

6. Hompimpa Games

Kesang bersama Gibran melebarkan sayap ke bisnis mainan yang dinamakan Hompimpa Games. Mereka membuka store di Surakarta sekitar bulan November 2017 silam.

7. Sang Pisang

Bisnis pisang naget yang dirintis Kaesang sejak November 2017 ini berawal dari fakta kalau buah itu banyak disukai masyarakat. Selain itu, ketersediaannya juga lebih terjamin dibandingkan jenis buah lainnya. Sang Pisang setidaknya sudah buka di 24 kota di Indonesia dengan total 54 outlet. Pada bulan Oktober 2019, Sang Pisang resmi membuka gerai di Kuala Lumpur, Malaysia.

8. Siapmas

Bersama Gibran Rakabuming, Kaesang membentuk brand Siapmas pada bulan Agustus 2019. Siapmas menghadirkan produk minuman dan makanan ringan, yakni Kemripik, Pik Kripik, dan Ngedrink.

9. Sang Javas

Sang Javas berdiri bulan Agustus 2017. Bisnis Kaesang satu ini menawarkan produk kaus dengan gambar karikatur. Banyak gimmick diberikan, termasuk ilustrasi kaus yang mengusung tema kekinian dan penyebutan para pelanggannya dengan kecebong.

10. Yang Ayam

Pada Desember 2019 Kaesang kembali membuka bisnis baru bernama Yang Ayam. Usaha kuliner dengan menu ayam kalasan ini pertama kali didirikan di Tanjung Duren, Jakarta Barat.

Dalam beberapa pekan terakhir, Kaesang memang sedang rutin mengomentari pergerakan beberapa saham BUMN. Mulai dari harga saham PT Perusahaan Gas Negara Tbk berkode PGAS dan pergerakan harga saham PT Aneka Tambang Tbk (ANTM).