BEI Bakal 'Panggil' Raffi Ahmad, Ari Lasso, hingga Kaesang: Mereka Punya Tanggung Jawab Moral
Gedung Bursa Efek Indonesia. (Angga Nugraha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Pihak Bursa Efek Indonesia (BEI) memberikan tanggapan terkait aksi dua selebriti Indonesia yang merekomendasikan saham salah satu emiten. Mereka adalah Raffi Ahmad dan Ari Lasso.

Direktur Perdagangan dan Penilaian Anggota Bursa BEI Laksono Widodo ketika dikonfirmasi VOI, Selasa 5 Januari mengatakan, pihaknya akan mengajak Raffi dan Ari Lasso tersebut untuk berdiskusi.

Ia sebenarnya menyambut baik inisiatif Raffi dan Ari untuk mengajak masyarakat berinvestasi. Namun demikian, ia mengingatkan kepada dua public figure tersebut, bahwa mereka punya tanggung jawab moral yang besar sebagai influencer.

"Namun juga perlu mengingatkan mereka akan tanggung jawab moral mereka untuk para follower (pengikutnya) dan kemungkinan potensi tuntutan hukum dari para pengikutnya apabila ada yang bisa dikecewakan," ujar Laksono.

Sementara ketika ditanya terkait public figure lainnya, dalam hal ini Kaesang Pangarep, Laksono mengatakan, hal yang sama juga berlaku untuk putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut. Menurutnya, Kaesang juga akan diajak berdiskusi terkait rekomendasi Sangmology yang menjadi jargon dirinya di media sosial Twitter.

"Undangan diskusi berlaku untuk semua influencer," tegas Laksono.

Sebagai informasi, Raffi Ahmad dalam unggahan di media sosial Instagram, mengatakan ikut terjun ke dunia pasar modal dalam tiga minggu terakhir. Suami dari Nagita Slavina tersebut mengaku baru pertama kali berinvestasi di saham.

Pria berusia 33 tahun itu menuturkan bahwa investasi di saham merupakan opsi untuk menghadapi masa-masa ketidakpastian di tengah pandemi COVID-19. Di akun @raffinagita1717 dia berbagi tentang pengalamannya berinvestasi di saham PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS).

"Dengan keadaan seperti ini kita harus bener-bener fight, apapun kita harus pelajari dengan perkembangan IT dan teknologi. Buat kalian semuanya, coba deh kalian telusuri MCAS," ujar Raffi.

PT M Cash Integrasi Tbk adalah anak usaha PT Kresna Graha Investama Tbk. Raffi menyebut, sejak dia menaruh uangnya di MCAS, saham emiten tersebut sudah melonjak 20 persen menuju 30 persen.

Adapun Kaesang di akun Twitter pribadinya, sering kali mencuitkan soal portofolionya. Diketahui, Kaesang mengempit saham dua BUMN, yakni PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS), dan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM).