Tabrak Jalur Sepeda Permanen di Sudirman, Sopir Truk Dinas LH Diberi SP
Dok istimewa

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Seksi Penyuluhan dan Hubungan Masyarakat Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta Yogi Ikhwan mengungkapkan, sopir truk Dinas LH DKI yang menabrak jalur sepeda permanen di Jalan Sudirman diberi sanksi surat peringatan (SP).

"Dia sudah kami periksa dan BAP. Diberi SP 1 karena kelalaian. Sanksi ini diberikan sesuai protap. Kami punya SOP kalau ada kelalaian begitu," kata Yogi saat dihubungi, Senin, 13 Februari.

Dalam berita acara pemeriksaan (BAP) yang dilakukan Dinas LH DKI, terungkap peristiwa tabrakan truk pada beton jalur sepeda permanen adalah kelalaian sopir yang mengantuk.

"Namanya di lapangan, biasa ya. Namanya kecelakaan, hal yang rutin kita jumpai. Itu kan kejadiannya pagi-pagi, ya. Biasa, nyawanya belum kekumpul. Cuma, kita enggak terlalu mendengarkan alasannya. Tapi, semua punya alasan," ujar Yogi.

Diberitakan sebelumnya, truk sampah milik Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menabrak planter box jalur sepeda permanen di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, dekat Stasiun BNI City. Hantaman truk itu mengakibatkan sejumlah potongan pembatas beton jalur sepeda berhamburan.

Peristiwa ini diungkapkan oleh komunitas pesepeda Bike to Work (B2W) Indonesia. Ketua Umum B2W Indonesia Fahmi Saimima mengaku pihaknya melihat kondisi ini pada pagi tadi.

"Kami langsung cek ke TKP. Di sana, tanya ke petugas dan ternyata planter box itu ditabrak sama mobil Dinas Lingkungan Hidup," kata Fahmi saat dihubungi, Rabu, 8 Februari.

Fahmi menyebut pihaknya sempat meminta keterangan kepada Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. Namun, tak mendapat respons.

"Kita konfirmasi ke Polda Metro enggak ada respons, akhirnya kita cari tau sendiri, ternyata ditabrak mobil Lingkungan Hidup," ujar Fahmi.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo membenarkan peristiwa truk Dinas LH yang menabrak pembatas beton jalur sepeda permanen. Syafrin menyebut tabrakan itu terjadi pada hari ini pukul 05.42 WIB.

"Kejadiannya sekitar pukul 05.42 WIB. Ada sekitar 14 planter box bergeser, 4 di antaranya rusak," tutur Syafrin.

Penanganan planter box yang beserakan itu dilakukan perbaikan oleh jajaran Dinas Perhubungan DKI Jakarta pada pukul 09.00-11.00 WIB. Kini, lokasi tertabraknya planter box sudah kembali normal.

"Kondisi sekarang sudah rapi kembali. Sebanyak 4 planter box yang rusak akan kami ganti," ucap dia.