35 Negara Minta Atlet Rusia dan Belarusia Dilarang Ikuti Olimpiade Paris 2024
Ilustrasi Olimpiade Paris 2024. (Wikimedia Commons/Anne Jea)

Bagikan:

JAKARTA - Sedikitnya 35 negara, termasuk Amerika Serikat, Jerman dan Australia, akan menuntut agar atlet Rusia dan Belarusia dilarang ikut Olimpiade 2024, kata Menteri Olahraga Lituania pada Hari Jumat, memperdalam ketidakpastian atas Olimpiade Paris.

Langkah tersebut meningkatkan tekanan pada Komite Olimpiade Internasional (IOC) yang putus asa untuk menghindari apa yang bisa dibilang sebagai acara olahraga terbesar di dunia, terpengaruh oleh konflik berdarah yang terjadi di Ukraina.

"Kami menuju ke arah yang tidak memerlukan boikot karena semua negara sepakat," kata Jurgita Siugzdiniene, melansir Reuters 10 Februari

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengambil bagian dalam pertemuan online yang dihadiri oleh 35 menteri untuk membahas seruan larangan tersebut, kata juru bicara kementerian olahraga Lithuania sebelumnya.

Juru bicara tersebut mengatakan, pesan Presiden Zelenskiy kepada para peserta adalah, prinsip netralitas tidak dapat diterapkan pada invasi Rusia ke Ukraina.

"Suatu hak istimewa untuk menjadi tuan rumah @ZelenskyyUa hari ini di pertemuan puncak kami tentang partisipasi Olimpiade," tulis Menteri Olahraga Inggris Lucy Frazer di Twitter.

"Itu adalah pertemuan yang sangat produktif antara 35 negara, dan saya memperjelas posisi Inggris: Selama Putin melanjutkan perang biadabnya, Rusia dan Belarusia tidak boleh diwakili di Olimpiade."

Dengan perang berkecamuk di Ukraina, negara-negara Baltik, negara-negara Nordik dan Polandia telah meminta badan olahraga internasional untuk melarang atlet Rusia dan Belarusia berkompetisi di Olimpiade.

Di tengah masalah keikutsertaan Rusia dan Belarusia, Moskow kembali melancarkan gelombang serangan terhadap infrastruktur Ukraina di Kota Kharkiv dan Zaporizhzhia pada Jumat pagi.

"Agresi Rusia telah mengakibatkan kematian 231 atlet dan pelatih Ukraina," kata menteri Luar Negeri Ceko Jan Lipavsky dalam sebuah pernyataan setelah bertemu dengan kepala IOC Ceko dan badan olahraga nasional.

"Pada saat yang sama, kita tahu bahwa 70 persen atlet Rusia adalah tentara. Saya menganggap tidak dapat diterima bahwa orang-orang seperti itu berpartisipasi dalam Olimpiade dalam situasi saat ini, ketika permainan yang adil jelas tidak berarti apa-apa bagi mereka," tandasnya.

Ukraina mengancam akan memboikot pertandingan jika atlet Rusia dan Belarusia bertanding.

Ancaman semacam itu telah menghidupkan kembali ingatan tentang boikot pada 1970-an dan 1980-an selama era Perang Dingin yang masih menghantui badan Olimpiade global saat ini, dan meminta Ukraina untuk membatalkannya.

Namun, Menteri Olahraga Polandia Kamil Bortniczuk mengatakan bahwa boikot belum ada untuk saat ini.

"Ini belum waktunya untuk membicarakan boikot," katanya dalam konferensi pers, mengatakan ada cara lain untuk menekan IOC yang bisa dieksplorasi terlebih dahulu.

Dia mengatakan, sebagian besar peserta mendukung pengecualian mutlak atlet Rusia dan Belarusia.

"Sebagian besar suara, kecuali Yunani, Prancis, Jepang, persis dengan nada ini," katanya.

Dia mengatakan, membentuk tim pengungsi yang mencakup pembangkang Rusia dan Belarusia bisa menjadi solusi kompromi.

Diketahui, IOC telah membuka pintu bagi atlet Rusia dan Belarusia untuk bertanding sebagai tim netral.

Dikatakan, boikot akan melanggar Piagam Olimpiade dan bahwa masuknya Rusia dan Belarusia didasarkan pada resolusi PBB, terhadap diskriminasi dalam gerakan Olimpiade.

Sekitar 18 bulan sebelum kompetisi akan dimulai, IOC putus asa untuk menenangkan riak agar tidak membahayakan pesan perdamaian global.

Sementara Anne Hidalgo, wali kota kota tuan rumah Paris, Prancis mengatakan, atlet Rusia tidak boleh ambil bagian, dengan penyelenggara Paris 2024 mengatakan mereka akan mematuhi keputusan IOC tentang masalah tersebut.