Demo Besar-besaran Buruh di Gedung DPR, 1.623 Personel Pengamanan Diterjunkan
Ilustrasi demo buruh. (Antara-Aprilio A)

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 1.623 personel gabungan diterjunkan untuk mengamankan unjuk rasa besar-besaran buruh di depan Gedung DPR Jakarta hari ini, Senin, 6 Februari.

Kabid Humas Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan ribuan personel yang diturunkan untuk pengamanan itu berasal dari unsur Polres, TNI, serta Pemprov DKI

"Personel yang kita turunkan sebanyak 1.623 personel," kata Wisnu saat dihubungi di Jakarta, Senin 6 Februari.

Meski dijadwalkan buruh akan menggelar unjuk rasa besar-besaran hari ini, Trunoyudo memastikan Jalan Gatot Subroto di depan Gedung DPR tetap dibuka untuk umum dan pribadi.

"Jalur bus TransJakarta tetap buka dan kami juga menyiapkan dua jalur untuk kendaraan selama massa melakukan penyampaian pendapat," kata Trunoyudo.

Adapun demo buruh dijadwalkan akan digelar pada Senin 6 Februari sekitar pukul 10.00 WIB.

Dalam aksinya, para buruh menuntut untuk menolak isi Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Omnibus Law Cipta Kerja, Tolak Rancangan Undang-undang (RUU) Kesehatan, dan Sahkan RUU PPRT Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (PPRT).

Sebagai informasi, selain diselenggarakan di Jakarta, unjuk rasa buruh juga dijadwalkan akan berlangsung di berbagai kota industri seperti Semarang, Surabaya, Medan, Batam, Makassar, Banjarmasin, Banda Aceh, Medan, Bengkulu, Pekanbaru, Ternate, Ambon, Kupang, dan beberapa kota industri lain.