Cegah Klaster Keluarga, Wagub DKI Minta Masyarakat Atur Perabotan di Rumah
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patrai (Foto: Twitter @BangAriza)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta masyarakat mengatur perabotan di rumah mereka. Hal ini harus dilakukan agar ventilasi udara yang ada di rumah tidak terhalang oleh perabotan dan memudahkan pertukaran udara sehingga mencegah penyebaran COVID-19 di tengah keluarga.

"Saya mengimbau pertama pastikan ada ventilasi di rumah kita sehingga memudahkan keluar dan masuknya udara. Kemudian tata ulang furniture di rumah kita. Jangan sampai furniture tersebut menghambat masuknya udara segar," kata Riza seperti dikutip dari video yang diunggahnya di akun Instagram miliknya @bangriza, Jumat, 1 Januari.

Dia meminta seluruh masyarakat mengikuti anjuran ini. Karena, saat ini klaster keluarga termasuk penyumbang kasus COVID-19 di DKI Jakarta.

"Ini penting saya sampaikan karena saat ini klaster keluarga termasuk yang besar," tegasnya.

Selain menata ulang perabotan di rumah, Riza juga meminta masyarakat untuk lebih dahulu membersihkan diri ketika tiba di rumah setelah beraktivitas di luar. Hal ini, sambungnya, juga kerap dia lakukan dalam kesehariannya.

"Saya setiap pulang ke rumah selalu diingatkan oleh anak saya. Anak saya minta saya tidak menyentuh apapun sebelum cuci tangan dan segera mandi, gosok gigi, dan ganti pakaian. Baru setelah itu saya boleh ke ruang tamu, meja makan, atau tempat lainnya," ungkapnya.

Lebih lanjut, Riza mengatakan banyak pelajaran berharga di 2020 lalu termasuk perihal penanganan pandemi COVID-19. Selanjutnya, memasuki tahun yang baru yaitu 2021, dia berharap semua pihak optimis meski tetap waspada dengan menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19.

"Meski kita masuki tahun 2021 dengan optimistis dan tentu terus waspada. Terima kasih sudah menjalankan 3M, untuk saling menjaga. Selamat tahun baru semoga kegembiraan dan kebahagiaan senantiasa meliputi bapak ibu semua," pungkasnya.