Jokowi: Hari Ini Kita Memasuki Tahun 2021 dengan Langkah Lebih Tegap
Presiden Joko Widodo (Foto: Sekretariat Kabinet RI)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan tahun 2020 adalah tahun yang penuh tantangan dan ketidakpastian karena pandemi COVID-19 melanda di seluruh dunia dan mengubah tatanan hidup masyarakat. Meski begitu, dia menyebut Indonesia akan memasuki 2021 dengan langkah yang lebih tegap dari sebelumnya.

"Hari ini kita memasuki tahun 2021 dengan langkah yang lebih tegap. Pembelajaran yang mahal, pengorbanan yang tiada tepermanai selama berbulan-bulan dalam pandemi membuat kita lebih siap," kata Jokowi melalui akun Instagram-nya yang dikutip Jumat, 1 Januari.

Selain itu, dia mengatakan di tahun ini, pemerintah akan menggelar vaksinasi COVID-19 secara menyeluruh kepada seluruh warga. Dia juga mengatakan saat ini, Indonesia telah mengamankan pasokan vaksin dari perusahaan farmasi dunia untuk memenuhi kebutuhan vaksin di Tanah Air.

"Tahun ini jika tak ada aral melintang, pemerintah akan menggelar vaksinasi massal COVID-19 kepada masyarakat. Indonesia telah mengamankan pasokan vaksin dari Sinovac, Novavax, AstraZeneca, dan BioNTech-Pfizer," ungkapnya.

Selanjutnya, dia juga memastikan program perlindungan sosial bagi masyarakat yang membutuhkan seperti program kartu sembako, Program Keluarga Harapan (PKH), bansos tunai, Kartu Prakerja, dana desa, dan diskon listrik akan terus dilaksanakan.

"Tahun 2021 juga tetap akan kita isi dengan pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia seperti yang telah kita canangkan. Anggaran besar kita kuurkan untuk pembangunan bendungan dan jaringan irigasi, jalan, jalur kereta api, bandar udara, sampai rumah susun di seluruh Indonesia," tegas eks Gubernur DKI Jakarta ini.

"Dengan segenap ikhtiar itu dan atas dukungan seluruh rakyat, kita bersama-sama melangkah melewati ambang tahun yang baru ini dengan penuh semangat dan harapan. Kita akan melewati masa-masa sulit ini dan bangkit menuju Indonesia yang maju dan kita cita-citakan," pungkasnya.