Bagikan:

JAKARTA - Perdana Menteri China Li Qiang menyinggung soal janji Presiden Xi Jinping. Kata dia, Xi Jinping pernah berjanji untuk membeli produk agrikultur dari negara-negara ASEAN dengan nilai mencapai 150 miliar dolar AS atau setara dengan Rp2.295 triliun atau Rp2,3 Kuadriliun.

Janji tersebut disampaikan Li Qiang dalam rapat pleno KTT ke-26 ASEAN-China. Rapat tersebut berlangsung hari ini di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta. Rapat dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan dihadiri pemimpin negara-negara anggota ASEAN lainnya.

Adapun janji Xi Jinping ini disampailan pada tahun 2021 lalu, saat memperingati dialog ekonomi China-ASEAN. Saat itu, Xi Jinping mengatakan selama 5 tahun mulai dari 2021, China bakal mengimpor produk agrikultur dari ASEAN senilai 150 miliar dolar AS.

“Kini, hingga saat ini, produk-produk tersebut senilai lebih dari 55 miliar dolar AS telah diimpor lebih cepat dari perkiraan,” ujar Li Qiang.

Pada kesempatan ini, Li Qiang mengatakan China berkomitmen untuk saling menguntungkan dalam kerja sama agar menjadi lebih produktif. Dengan begitu, kata dia, peluang pasar akan tegap terbuka.

“Tiongkok dan ASEAN melihat perkembangan satu sama lain sebagai sebuah peluang yang menguntungkan. Kami menjaga pasar tetap terbuka satu sama lain,” katanya.

“Tahun lalu, volume perdagangan dua arah kita mencapai lebih dari 970 miliar dolar AS dan meningkat lebih dari dua kali lipat volume satu dekade lalu. Kami telah menjadi mitra dagang utama satu sama lain selama tiga tahun berturut-turut,” sambungnya.