Warga Jakarta Ingat Pesan Wagub Riza: COVID-19 Masih Ada, Tahan Diri Jangan Ziarah Kubur
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Foto: Diah Ayu/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Gubernur (Wagub) Ahmad Riza Patria meminta kepada seluruh masyarakat Jakarta untuk sementara tidak berziarah ke makam keluarga pada saat libur Idulfitri 2021.

Tujuannya agar tidak terjadi kerumunan yang berpotensi menyebabkan penyebaran COVID-19.

"Memang kami sudah meminta aparat pada masyarakat untuk kegiatan ziarah jangan dilakukan secara kerumunan dan tidak mesti dilakukan ziarah kubur tidak mesti dilakukan pada hari raya," ucap Wagub Riza kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Rabu, 5 Mei.

Berziarah ke makam keluarga merupakan tradisi dalam perayaan Idulfitri. Tapi, kata Wagub Riza, beziarah bisa dilakukan kapan pun. Untuk itu, masyarakat diminta menahan diri untuk tetap di rumah.

"Bisa dilakukan pada hari-hari lain dalam rangka mengurangi kerumunan dan peningkatan orang di sekitar pemakaman," kata Wagub Riza.

Tetapi, jika tetap ingin berziarah, nantinya akan ada aparat yang mengatur semuanya. Misalnya waktu saat berziarah. Sehingga, nantinya tidak menimbulkan kerumunan.

"Kami juga akan hadirkan aparat untuk mengatur agar tidak terjadi kerumunan dan interaksi di pemakaman. Jadi kami minta masyarakat kegiatan ziarah kubur agar diatur waktunya," ungkap Wagub Riza.

"Ya semua ada pembatasan di tempat-tempat ada pembatasan termasuk di pemakaman, kami minta ada pembatasan dan dikurangi," demikian.