PKS dan Anies Baswedan Ternyata Sama-sama Butuh
Anies Baswedan Foto via Twitter

Bagikan:

JAKARTA - Bekas Gubernur DKI Jakarta yang kini jadi bakal calon presiden Partai NasDem, Anies Baswedan dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dianggap saling membutuhkan dalam menghadapi Pemilu 2024.

"PKS dan Anies tampak saling membutuhkan. Pada bagian lain survei didapatkan hasil mayoritas pemilih Anies yakni 18,4 persen adalah pemilih PKS," kata Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI Kunto Adi Wibowo melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis 26 Januari dilansir Antara.

Jadi Anies harus tahu, kalau PKS tak jadi berkoaliasi dengan Partai NasDem, suara eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) tersebut bisa hilang sebesar 18,4 persen.

Sebaliknya, PKS juga berpotensi kehilangan suara apabila tidak mendukung Anies Baswedan. Pasalnya, terdapat 34,2 persen pemilih partai tersebut menyatakan tidak akan memilih PKS jika tidak mengusung Anies Baswedan.

Survei opini publik menuju 2024 yang diselenggarakan Lembaga Survei KedaiKOPI di akhir tahun 2022 itu juga mengungkapkan keterkaitan antara partai politik dan sejumlah nama yang digadang-gadang bakal maju di Pemilihan Presiden (Pilpres).

Ia menjelaskan berdasarkan hasil survei yang dilakukan KedaiKOPI, terdapat asosiasi kuat antara partai dan calon presiden (capres). Partai Gerindra dengan Prabowo Subianto sedangkan PKS dengan Anies Baswedan.

Hasil tersebut didapatkan dari distribusi elektabilitas partai berdasarkan elektabilitas empat capres yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Puan Maharani.

Distribusi tertinggi pemilih Gerindra mendukung Prabowo Subianto sebesar 74,7 persen diikuti Anies Baswedan 18,9 persen, Ganjar Pranowo 6,0 persen dan Puan Maharani 0,4 persen. Jumlah pemilih Gerindra yang mendukung Prabowo menjadi paling besar bila dibandingkan distribusi pemilih partai-partai lain terhadap Menteri Pertahanan tersebut.

Sementara itu, pemilih PKS mayoritas mendukung Anies Baswedan sebagai capres dengan hasil 65,4 persen. Jumlah itu juga menjadi yang terbesar jika dibandingkan distribusi pemilih partai-partai lain terhadap Anies.

Sisanya, dukungan pemilih PKS diberikan kepada Ganjar Pranowo sebesar 18,7 persen, Prabowo Subianto 15,9 persen dan nol persen bagi Puan Maharani.

Survei opini publik menuju 2024 diselenggarakan Lembaga Survei KedaiKOPI pada 22 November hingga 2 Desember 2022 secara tatap muka dengan menggunakan teknologi computer assisted personal interview kepada 1.200 responden yang berusia di atas 17 tahun di 34 Provinsi.

Dicuplik dengan teknik multistage random sampling dan tingkat kesalahan pencuplikan sekitar 2,83 persen pada interval kepercayaan 95 persen.