Suara Perindo di DKI Diprediksi Bisa Terkerek dengan Kedatangan Michael Sianipar
Mantan Ketua DPW PSI, Michael Victor Sianipar resmi menjadi kader Partai Perindo. (dok. Michael Victor Sianipar)

Bagikan:

JAKARTA - Politisi muda Michael Victor Sianipar resmi menyatakan bergabung di Partai Perindo dalam acara deklarasi di kantor DPP Perindo di Menteng, Jakarta Pusat.

Bergabungnya Michael dapat membagi dampak positif bagi perolehan suara Perindo di Pemilu 2024. Rekam jejak Michel yang berprestasi di PSI bisa jadi akan semakin mengkilap jika berada di Perindo.

"Saya melihat ketika Michael Sianipar bergabung ke Perindo, dia akan berjuang mati-matian untuk memberikan kursi yang banyak bagi Perindo," ujar Pengamat politik Ujang Komarudin, Rabu 25 Januari dikutip.

Berdasarkan hasil Pemilu 2024, PSI DKI di bawah kepemimpinan Michael berhasil memperoleh 8 kursi DPRD. Jumlah itu di luar dugaan mengingat PSI merupakan partai baru yang muncul saat itu.

Ujang memenuturkan Michael bukan politisi muda yang bisa dianggap sebelah mata. Sebab, dia berkata Michael mampu membesarkan PSI DKI dalam waktu singkat.

Terkait hal itu, Ujang pun menyarankan Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo memberi dukungan penuh kepada Michael agar bisa menjalankan segala strateginya.

Pengamat politik Jeru Massie pun menilai kehadiran Michael akan menambah kekuatan Perindo khususnya di DKI Jakarta. Sebab, dia menyebut Michael ini punya basis massa di DKI.

"Ini keuntungan buat Perindo. Bisa saja suara PSI di Jakarta ambruk dan posisinya digantikan Perindo," ujar Jery.

"Saya kira Michael bisa saja maju sebagai caleg di Jakarta dia bakal lolos dan duduk di DPRD lantaran dia sudah punya pemilih tetap," ujarnya menambahkan.

Sementara itu, pengamat politik Maksimus Ramses berkata kinerja Michael selama berada di PSI terbilang memuaskan. Sehingga, hampir pasti Michael juga akan melakukan hal yang sama di Perindo, bahkan lebih.

"Tidak ada yang tidak mungkin bisa jadi malah kehadiran Michael bisa menggeser suara PSI ke Perindo," ujar Maksimus.

Michael yang sebelumnya adalah Ketua DPW PSI di provinsi Jakarta memutuskan berlabuh di partai besutan Hary Tanoesoedibjo karena meyakini partai Perindo memberikan ruang yang luas untuk politisi muda seperti dirinya.


Di Perindo, Michael mendapat amanah menjadi Ketua DPP Bidang Ekonomi Kreatif dan Digital. Michael juga ditugaskan untuk menjaring politisi-politisi muda membawa isu-isu yang relevan bagi generasi muda di perpolitikan Indonesia.

Merujuk ke hasil survei terbaru dari Lembaga Survei Indonesia, dirilis tanggal 22 Januari kemarin, Perindo menempati peringkat ketujuh partai terbesar dengan angka 4,8 persen.

Michael optimis tren kenaikan Perindo di berbagai lembaga survei terpercaya akan menjadikan Perindo sebagai partai papan tengah di parlemen nantinya.