Duta Besar Indonesia untuk Italia Muhammad Prakosa Meninggal Dunia di Roma
Berita duka wafatnya Dubes RI untuk Italia Muhammad Prakosa. (Sumber: Instagram/@indonesiainrome)

Bagikan:

JAKARTA - Kabar duka datang Kedutaan Besar Republik Indonesia di Roma, Italia, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Italia Muhammad Prakosa meninggal dunia pada Hari Selasa.

Kabar duka ini dibenarkan oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah. Dikatakannya, almarhum meninggal dunia sekitar pukul 10.55 waktu setempat di Roma, Italia.

"Teriring doa semoga Almarhum Husnul Khotimah, diterima di sisi-Nya, dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan keikhlasan. Aamiin YRA," tulis Faizasyah dalam keterangannya melalui pesan singkat, Selasa 17 Januari.

Sementara itu Kedutaan Besar Republik Indonesia di Roma dalam unggahannya di Instagram menyebut, almarhum yang juga Duta Besar untuk Malta, Siprus, San Marino serta FAO, IFAD, WFP, dan UNIDROIT, meninggal di Sacro Cuore FSR Roma, dalam usia 62 tahun 10 bulan.

Sebelum menjadi duta besar, Muhammad Prakosa merupakan anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan. Almarhum juga sempat dua kali menduduki jabatan menteri.

Pada era Presiden Abdurrahman Wahid, ia menjabat sebagai Menteri Pertanian pada kabinet Persatuan Nasional. Sementara di era Presiden Megawati Soekarnoputri, mendiang Muhammad Prakosa dipercaya menduduki jabatan Menteri Kehutanan.

Teuku Faizasyah menambahkan, belum ada kabar mengenai rencana pemulangan dan pemakaman almarhum.