Ragam Pekerjaan Rumah yang Menanti M. Kuncoro Wibowo di Jabatan Baru Dirut Transjakarta
Dirut Transjakarta baru M. Kuncoro Wibowo (Foto: DOK Diah Ayu/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengganti Direktur Utama (Dirut) PT Transportasi Jakarta. Kini, M. Kuncoro Wibowo menjabat sebagai Dirut Transjakarta menggantikan Mochammad Yana Aditya.

Anggota DPRD DKI Jakarta Anggara Wicitra Sastroamidjojo mengungkapkan, Kuncoro memiliki banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan, mulai dari peningkatan aspek keselamatan hingga optimalisasi layanan.

“Setiap ada pergantian harapannya pasti dapat hasil lebih baik. Banyak pekerjaan rumah menanti yang harapan kami Pak Kuncoro dapat selesaikan dengan serius,” kata Anggara kepada wartawan, Kamis, 12 Januari.

Perbaikan utama yang harus dilakukan Kuncoro adalah memastikan keselamatan para pengguna Transjakarta. Mengingat, angka kecelakaan yang melibatkan bus Transjakarta masih cukup tinggi. Sebanyak 508 kecelakaan terjadi sepanjang tahun 2021 ada 508 kecelakaan.

"Artinya rata-rata 43 kasus setiap bulannya. Harus ada pembenahan standar keselamatan penumpang,” ucap Anggara.

Selain itu, Anggara meminta Kuncoro meningkatkan pelayanan penumpang dengan penambahan armada agar waktu tunggu lebih pendek.

Anggota Fraksi PSI DPRD DKI ini pun berharap, direksi baru bekerja dengan amanah karena Transjakarta bertugas melakukan pelayanan publik yang disubsidi oleh APBD.

“Transjakarta adalah perusahaan berorientasi pada pelayanan. Sumber uangnya dari uang masyarakat baik penyertaan modal daerahnya (PMD) maupun public service obligation (PSO) yang diberikan setiap tahun,” ujarnya.

Sebagai informasi, pengangkatan Kuncoro dilakukan melalui keputusan para pemegang saham di luar RUPS yang ditandatangani per tanggal 11 Januari 2023.

Kuncoro sebelumnya merupakan Dirut PT Bandha Ghara Reksa (BGR) Logistic, anak usaha BUMN dari PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PT PPI), sejak September 2018. Kuncoro juga pernah menjabat sebagai Direktur Komersial dan Teknologi Informasi PT Kereta Api Indonesia (KAI) pada September 2016 hingga Agustus 2017.

Tercatat, Kuncoro juga pernah menjabat sebagai Direktur SDM, Umum, dan Teknologi Informasi PT KAI pada Juni 2012 hingga September 2016, serta staf ahli IT Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada Agustus 2017 hingga Agustus 2018.

Plt. Kepala Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) DKI Jakarta Fitria Rahadiani mengungkapkan, pengalaman kerja Kuncoro dalam menjalankan pengelolaan layanan transportasi di PT KAI menjadi salah satu pertimbangan Heru mengangkatnya sebagai pimpinan Transjakarta yang baru.

"Kebijakan untuk mengangkat M. Kuncoro Wibowo selaku Direktur Utama PT Transportasi Jakarta yang memiliki pengalaman pekerjaan dalam transformasi perusahaan, salah satu diantaranya di PT KAI (Persero), diharapkan mampu mewujudkan PT Transportasi Jakarta menjadi katalis integrasi dan menguatkan sistem internal untuk keamanan, kenyamanan dan keselamatan transportasi publik," urai Fitria.