Chuck Putranto Klaim Lontarkan Pertanyaan 'Jenderal Nembak' ke Ferdy Sambo Hanya Pancingan
Terdakwa Chuck Putranto dan Hendra Kurniawan dalam sidang pembunuhan Brigadir J di PN Jaksel. (Rizky A-VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Eks Korspri Divisi Propam, Chuck Putranto mengklaim sempat bertanya kepada Ferdy Sambo perihal keterlibatannya dalam penembakan Yosua alias Brigadir J. Bahkan, pertanyaan itu disebut sebagai pancingan.

Klaim Chuck berawal saat jaksa penuntut umun (JPU) membacakan berita acara pemeriksaan (BAP). Isinya soal Chuck berani bertanya soal kasus Brigadir J kepada Ferdy Sambo. Padahal, Chuck sempat mengaku sangat takut dengan sosok Ferdy Sambo.

"Disini (BAP) saksi sempat bertanya kepada saksi Ferdy Sambo 'apakah jenderal ada nembak'. Kemudian dijawab 'Saya tidak nembak masa kau gak percaya saya'. kemudian saksi menjawab 'Siap'. Benar saudara bertanya begitu kepada Ferdy Sambo?" tanya jaksa dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis, 12 Januari.

"Betul," jawab Chuck.

Lalu, jaksa pun mempertanyakan maksud dan tujuan di baliknya. Lantas, Chuck beralasan ingin mengetahui yang sebenarnya terjadi.

Terlebih, muncul kejanggalan dalam kasus pembunuhan Brigadir J usai menonton rekaman CCTV. Sebab, saat itu diyakini penyebab tewasnya Brigadir J karena terlibat baku tembak dengan Bharada E.

"Jadi begitu, kita habis menonton situasinya kita kan menjadi bingung. Kemudian setelah kejadian kami menonton dilakukan lagi rekonstruksi saat LP itu berpindah atau ditarik dari Polres ke Polda metro," jelas Chuck.

"Rekonstruksi yang dilakukan adalah penembakan saja. Jadi tidak berbicara dari datang sampai masuk, jadi hanya berbicara penembakan. Dan itu dianggap oleh penyidik saat itu yang kami dengar karena disitu ada penyidik Bareskrim, ada Labfor juga, ada Inafis. Dinyatakan tembakan ini pas," sambungnya

Dengan kejanggalan yang dirasakan itulah, Chuck memberanikan diri untuk bertanya kepada Ferdy Sambo.

Bahkan, pertanyaan itu diklaim agar atasannya itu menceritakan yang sebenarnya terjadi di balik skenario baku tembak.

"Jadi kita makin bingung kok ini ceritanya seperti ini gitu, sehingga pada saat saya sudah memberanikan diri untuk memancing. Jadi pertanyaan itu sebenarnya untuk memancing supaya Pak Ferdy Sambo cerita kepada saya," kata Chuck.