Pj Gubernur DKI  Copot Dirut Transjakarta yang Diangkat Era Anies
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mencopot Mochammad Yana Aditya dari jabatan Direktur Utama PT Transportasi Jakarta /FOTO: Diah Ayu-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mencopot Mochammad Yana Aditya dari jabatan Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta). Sebelumnya Yana diangkat sebagai Dirut Transjakarta oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pencopotan Yana sebagai Dirut Transjakarta dilakukan melalui keputusan para pemegang saham di luar RUPS yang ditandatangani per tanggal 11 Januari 2023.

Plt Kepala Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) DKI Jakarta Fitria Rahadiani menjelaskan, pencopotan Yana merupakan bagian dari penyegaran jajaran petinggi BUMD yang melayani transportasi umum tersebut.

"Penggantian Direktur Utama PT Transportasi Jakarta merupakan bagian dari upaya dan strategi yang dilakukan Para Pemegang Saham untuk melakukan penyegaran dalam jajaran pengurus PT Transportasi Jakarta," kata Fitria dalam keterangannya, Rabu, 11 Januari.

"Sehingga diharapkan PT Transportasi Jakarta dapat berperan maksimal dalam memberikan pelayanan transportasi umum kepada masyarakat," lanjutnya.

Kini, Heru mengangkat M. Kuncoro Wibowo sebagai Dirut Transjakarta yang baru. Kuncoro sebelumnya merupakan Dirut PT Bandha Ghara Reksa (BGR) Logistic, anak perusahaan BUMN dari PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PT PPI). Kuncoro juga pernah menjabat sebagai Direktur Komersial dan Teknologi Informasi PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Dalam keputusan di luar RUPS ini, Heru juga menyetujui pengunduran diri Sudirman Said dari jabatan Komisaris Utama PT Transjakarta. Sudirman Said sebelumya telah mengajukan mundur dari jabatannya pada November 2022 lalu dengan alasan ingin membantu Anies Baswedan menjadi calon presiden Pemilu 2024. Sementara ini, Heru mengangkat Luky Arliansyah sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Komisaris Utama.

"Semoga direktur utama dan jajaran dewan komisaris yang baru mampu melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab," urai Fitri.

Sebagai informasi, Yana menjabat sebagai bos Transjakarta selama 14 bulan. Ia diangkat sebagai Dirut Transjakarta oleh Anies per tanggal 8 November 2021. Yana menggantikan mantan Dirut Transjakarta Sardjono Jhony Tjitrokusumo yang wafat pada 3 Oktober 2021.

 

 

 

Terkait