Pj Gubernur DKI Bakal Tagih Peningkatan Layanan ke Dirut Transjakarta Baru Tiga Bulan ke Depan
DOK VOI

Bagikan:

JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono akan mengevaluasi kinerja Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) M. Kuncoro Wibowo yang baru diangkat selama tiga bulan awal menjabat.

"Harus ada peningkatan, targetnya tiga bulan ke depan. Nanti ditagih lagi tiga bulan ke depan," kata Heru saat ditemui di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan, Jumat, 13 Januari.

Peningkatan yang dimaksud Heru adalah optimalisasi pelayanan, penambahan jumlah armada bus untuk menampung lebih banyak penumpang, hingga memimalisasi angka kecelakaan yang melibatkan armada Transjakarta.

"Harapannya mengurangi kecelakaan, driver harus aman. Terus kedisplinan, pelayanan. Tadi sudah saya sampaikan pelayanannya diperbanyak. Misalnya, di waktu sibuk, pagi hari, siang hari, sore hari, diperbanyak (bus) Transjakarta itu," ungkap Heru.

Sebagaimana diketahui, Heru mencopot Mochammad Yana Aditya dari jabatan Dirut Transjakarta per 11 Januari lalu. Yana sebelumnya diangkat sebagai Dirut Transjakarta sejak November 2021 oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Penggantinya, Heru mengangkat Kuncoro untuk memimpin BUMD DKI bidang transportasi tersebut. Pengangkatan Kuncoro dilakukan melalui keputusan para pemegang saham di luar RUPS yang ditandatangani per tanggal 11 Januari 2023.

Kuncoro sebelumnya merupakan Dirut PT Bandha Ghara Reksa (BGR) Logistic, anak usaha BUMN dari PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PT PPI), sejak September 2018. Kuncoro juga pernah menjabat sebagai Direktur Komersial dan Teknologi Informasi PT Kereta Api Indonesia (KAI) pada September 2016 hingga Agustus 2017.

Tercatat, Kuncoro juga pernah menjabat sebagai Direktur SDM, Umum, dan Teknologi Informasi PT KAI pada Juni 2012 hingga September 2016, serta staf ahli IT Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada Agustus 2017 hingga Agustus 2018.

Plt. Kepala Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) DKI Jakarta Fitria Rahadiani mengungkapkan, pengalaman kerja Kuncoro dalam menjalankan pengelolaan layanan transportasi di PT KAI menjadi salah satu pertimbangan Heru mengangkatnya sebagai pimpinan Transjakarta yang baru.

"Kebijakan untuk mengangkat M. Kuncoro Wibowo selaku Direktur Utama PT Transportasi Jakarta yang memiliki pengalaman pekerjaan dalam transformasi perusahaan, salah satu diantaranya di PT KAI (Persero), diharapkan mampu mewujudkan PT Transportasi Jakarta menjadi katalis integrasi dan menguatkan sistem internal untuk keamanan, kenyamanan dan keselamatan transportasi publik," urai Fitria.