1 RT di Jakarta Utara Banjir Rob Hingga 25 Sentimeter
1 RT di Jakarta Utara Banjir Rob Hingga 25 Sentimeter

Bagikan:

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat banjir pesisir atau rob menggenangi 1 RT di Kelurahan Koja, Jakarta Utara, pagi ini per pukul 09.50 WIB.

"Di Jakarta Utara terdapat 1 RT di Kelurahan Koja dengan ketinggian 25 sentimeter," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji dalam keterangannya, Jumat, 6 Januari.

Isnawa menguraikan, rob di Kelurahan Koja disebabkan oleh pasang air laut dan juga mengakibatkan kenaikan status siaga Pintu Air Pasar Ikan menjadi Siaga 2 (Siaga).

BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat.

"Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat," ujar Isnawa.

Sebelumnya, diinformasikan kewaspadaan mengenai potensi banjir pesisir utara DKI Jakarta pada tanggal 3 Januari hingga 10 Januari 2023.

Potensi banjir rob kali ini didasarkan adanya fenomena bulan purnama (full moon) pada tanggal 06 Januari 2023 yang berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum.

"Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (rob) berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia, diantaranya Pesisir utara DKI Jakarta," tulis akun Instagram bpbddkijakarta.