Jakarta Diguyur Hujan Deras, 21 RT Kebanjiran
ILUSTRASI/ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI mencatat, ada 21 rukun tetangga (RT) di Jakarta yang terendam banjir pada hari ini per pukul 15.00 WIB.

Kepala Pusat Data dan Informasi BPBD DKI M. Insaf menuturkan, 21 RT yang terendam terbagi di beberapa kelurahan. Misalnya, 8 Kelurahan di Jakarta Selatan yang terdiri dari 4 RT di Kelurahan Pondok Pinang dengan ketinggian air sampai 90 sentimeter.

Kemudian, 1 RT di Kelurahan Bintaro dengan ketinggian air sampai 150 sentimeter, 1 RT di Kelurahan Petukangan Utara dengan ketinggian 70 sentimeter, dan 1 RT di Kelurahan Cipete dengan dengan ketinggian 50 sentimeter.

"Penyebabnya luapan Kali Pesanggrahan," ujar Insaf dalam keterangannya, Minggu, 7 November.

Air juga membanjiri 1 RT di Kelurahan Gunung, Jakarta Selatan setinggi 50 sentimeter. Di mana, penyebabnya karena luapan Kali Jelawe

Selanjutnya, tercatat juga 13 RT di Jakarta Utara yang mengalami kebanjiran. Misalnya 2 RT di Kelurahan Penjaringan dan 11 RT di Kelurahan Peluit dengan tinggi air 40 sampai 50 sentimeter.

"Banjir di 13 RT itu disebabkan air Rob," katanya.

Secara umum, lanjut Insaf, proporsi banjir di Ibu Kota saat ini 0,069 persen dari total 30.470 RT yang ada.

"Kondisi genangan sedang ditangani oleh Pihak Kelurahan Setempat Bersama PPSU, Tim TRC BPBD, DSDA, Satpol PP, Tagana, dan Disgulkarmat ditargetkan akan surut dalam waktu cepat," kata Insaf.