Seniman Ini Hadirkan Bintang Piala Dunia Messi dan Bono di Atas Makanan Tradisional Timur Tengah
Juara Piala Dunia 2022 Tim Nasional Argentina. (Twitter/@FIFAWorldCup)

Bagikan:

JAKARTA - Demam Piala Dunia belum mereda sejak Argentina dengan Lionel Messi mengejutkan Prancis bersama Kylian Mbappe untuk mengangkat trofi emas di Doha.

Performa luar biasa Maroko di turnamen tersebut juga mengilhami gelombang dukungan di seluruh dunia, saat mereka mengalahkan tiga favorit turnamen Spanyol, Portugal dan Belgia untuk menjadi negara Afrika dan Arab pertama yang berhasil menjejak babak semifinal Piala Dunia.

Jutaan orang menggunakan kontes selama sebulan, yang berakhir pada 18 Desember, untuk memuji pahlawan sepak bola mereka, dan artis Palestina Sarah Odeh memilih salah satu cara yang paling tidak biasa untuk melakukannya: menciptakan ulang Messi dan kiper Maroko Yassine Bounou (Bono) sebagai makanan.

Lulusan seni rupa, yang tinggal di Dubai, menggunakan makanan tradisional Timur Tengah untuk menggambarkan kedua pemain tersebut, "menggambar" pemain Argentina di atas kunafa, dan kiper Maroko menggunakan minyak zaitun Palestina dan zaatar.

"Saya menggambarkan kesenian saya dalam tiga kata: imajinatif, inventif, dan kreatif," Odeh mengatakan kepada The National News tentang karya seninya yang kemudian menjadi viral, seperti dikutip 28 Desember.

"Sebagai seorang seniman, saya benar-benar terinspirasi oleh apa saja, bisa lingkungan sekitar saya, alam, lagu, film, perasaan batin, imajinasi dan berita," kata Odeh, yang mulai menggabungkan makanan dan seni saat ia mencari cara menggambar yang baru dan tidak biasa.

"Saya menemukan bahwa menciptakan seni dengan bahan yang tidak biasa lebih menantang bagi saya, yang memberi makan kreativitas saya dan membantu saya memperluas imajinasi saya," jelasnya.

Selain atlet, Odeh telah menciptakan kembali kepribadian lain menggunakan makanan, termasuk aktris Lebanon Maguy Bou Ghosn dan bintang Mesir Ahmed Helmy.

 

 

 

 

 

View this post on Instagram

"Setiap karya seni yang saya buat menyampaikan pesan tertentu, terkadang bisa mengirimkan cinta saya melalui seni saya atau menyebarkan kesadaran tentang topik yang berbeda," katanya.

"Saya memilih bahan yang berbeda untuk membantu saya menyampaikan pesan yang tepat," sambungnya.

Odeh menggunakan minyak zaitun Palestina untuk membuat Bounou dan "menyampaikan pesan dari saya dan semua warga Palestina atas cinta dan solidaritas yang telah kita lihat" dari tim Maroko.

Diketahui, beberapa anggota Atlas Lions mengibarkan bendera Palestina saat mereka mengalahkan Kanada, juga setelah kemenangan luar biasa mereka atas Spanyol.

"Yassine Bounou luar biasa, jadi saya memutuskan untuk menggunakan bahan-bahan terkenal Palestina zaatar dan minyak zaitun khusus untuk gambarnya," ungkapnya.

Ketenaran Messi melampaui Amerika Selatan, dia memiliki banyak penggemar di seluruh dunia dan khususnya Timur Tengah, seperti yang ditunjukkan oleh adegan perayaan yang meriah di wilayah tersebut ketika Argentina akhirnya merebut trofi.

"Untuk Messi, saya membuat karya seni menggunakan kunafa yang didedikasikan untuk semua pendukung Messi untuk merayakan kemenangannya di Piala Dunia," pungkas Odeh.