Bagikan:

JAKARTA - Presiden Amerika Serikat Joe Biden melakukan perjalanan ke Kepulauan Virgin AS, untuk merayakan tahun baru bersama keluarganya, membangun kembali tradisi dari masanya sebagai wakil presiden dari 2009 hingga 2017.

Dalam kesempatan kali ini, Presiden Biden didampingi Ibu Negara Jill Biden, putri mereka Ashley dan suaminya Howard Krein, serta dua cucunya dari mendiang Beau Biden, Natalie dan Hunter, melansir The National News 29 Desember.

"Kami sangat tersanjung," Stacey Plaskett, politisi Demokrat yang mewakili Kepulauan Virgin di Kongres, mengatakan kepada The Associated Press.

"Dulu, ketika dia dan keluarganya datang, tentu saja, penampakan Presiden Biden hampir menjadi legenda," katanya.

Terakhir kali keluarga tersebut mengunjungi pulau itu pada 2019, Biden adalah warga sipil dan penduduk setempat melihat pasangan itu merayakan tahun baru di Monumen Milenium Point Udall, yang dibangun pada 2000.

Dikatakan, keluarga Joe Biden biasanya tidur di properti tepi pantai di sepanjang East End Road, Pulau St Croix. Selain pulau tersebut, Kepulauan Virgin AS juga terdiri dari dua pulau lainnya, St Thomas dan St John.

Media lokal melaporkan Presiden Joe Biden menghadiri misa di Gereja Katolik Holy Cross di Christiansted selama kunjungan sebelumnya.

Buccaneer Beach and Golf Resort
Buccaneer Beach and Golf Resort. (Sumber: Facebook/The Buccaneer Hotel)

Presiden Biden dan cucunya Hunter (16) bermain golf di lapangan 18 lubang Buccaneer Beach and Golf Resort di Kota Christiansted. Lokasi itu menampilkan pemandangan perairan biru Laut Karibia dan garis pantai pulau yang spektakuler.

Jumat malam, Presiden Biden dan istrinya, merekam wawancara yang akan disiarkan Sabtu malam di ABC "Dick Clark’s New Year’s Rockin’ Eve with Ryan Seacrest." Mereka juga mengajak Hunter dan saudara perempuannya, Natalie, untuk makan malam di salah satu restoran terbaik di pulau itu.

Presiden Biden akan menjadi presiden pertama yang mengunjungi wilayah itu sejak kunjungan Bill Clinton pada 1990-an. Barack Obama terlihat pada tahun 2007 ketika dia mencalonkan diri sebagai presiden.

Sebelumnya, Presiden Biden menghabiskan liburan di rumahnya di Delaware pada tahun 2020 dan 2021, sebagian besar karena pandemi COVID-19.

"Kami selalu menantikan kedatangannya dan kami benar-benar memahami bahwa ini adalah tempat relaksasi baginya, Jill dan keluarga lain apa pun yang mungkin dia bawa, jadi kami tinggalkan dia sendiri dan biarkan dia bersantai," kata Donna Christensen, yang adalah pendahulu Plaskett di Kongres.

"Dia biasanya berkata: 'Dalam kehidupan saya selanjutnya, saya tinggal di St Croix.'"

Baik Plaskett dan Christensen menyatakan harapan, perhatian yang diberikan ke tempat Presiden Biden menghabiskan liburan akhir tahunnya akan memperkuat tantangan yang dihadapi Kepulauan Virgin dan wilayah AS lainnya, termasuk ancaman dari perubahan iklim serta infrastruktur yang menua.

Presiden Biden dijadwalkan kembali ke Washington pada 2 Januari. Itu sehari sebelum Pemimpin Partai Demokrat menyerahkan kendali Dewan Perwakilan Rakyat AS kepada Partai Republik setelah pemilihan paruh waktu November. Tapi, Demokrat yang merupakan partai asal Presiden akan terus mengontrol Senat di Kongres AS.