Qin Gang, Ajudan Kepercayaan Presiden Xi Jinping Ditunjuk Sebagai Menteri Luar Negeri
Menteri Luar Negeri China Qin Gang. (Twitter/@AmbQinGang)

Bagikan:

JAKARTA - China menunjuk Qin Gang, seorang ajudan terpercaya Presiden Xi Jinping, sebagai menteri luar negeri yang baru, lapor radio negara pada Hari Jumat.

Qin (56) yang saat ini menjadi Duta Besar China untuk Amerika Serikat, menggantikan Wang Yi, yang telah menjadi menteri luar negeri selama satu dekade terakhir, melansir Reuters 30 Desember.

Wang (69) yang merupakan salah satu politisi senior Negeri Tirai Bambu, dipromosikan ke politbiro Partai Komunis China pada Oktober lalu. Ia diharapkan memainkan peran lebih besar dalam kebijakan luar negeri.

Bintang yang sedang naik daun di kementerian luar negeri, Qin naik melalui berbagai posisi, termasuk sebagai juru bicara kementerian dan penempatan di Kedutaan Besar China di Inggris.

Dia menjabat sebagai kepala petugas protokol Presiden Xi antara tahun 2014 hingga 2018.

Menyusul pengangkatannya, Qin akan kembali ke Beijing dari Washington setelah 17 bulan sebagai duta besar ke-11 China untuk Amerika Serikat.

Dalam sebuah esai yang diterbitkan di majalah dua bulanan Amerika, National Interest minggu ini, Qin memberikan ikhtisar tentang posisi China dalam kebijakan luar negeri dan menegaskan kembali bahwa China-A.S. hubungan bukanlah permainan zero-sum.