Rusia Bombardir Ukraina dengan Rudal hingga Drone Kamikaze, Presiden Zelensky Puji Sistem Pertahanan Udara
Kondisi di Kyiv, Ukraina usai serangan Rusia. (Wikimedia Commons/Main Directorate of the State Emergency Service of Ukraine in Kyiv)

Bagikan:

JAKARTA - Rusia menyerang Ukraina dengan 16 drone Shahed buatan Iran semalam, kata pejabat Ukraina pada Hari Jumat, sehari setelah Moskow menembakkan puluhan rudal dalam serangan terbarunya terhadap infrastruktur penting.

Seorang saksi mata 20 km selatan Kyiv mendengar beberapa ledakan dan suara tembakan anti-pesawat. Menjelang fajar, serangan itu tampaknya telah berakhir. Penduduk berangsur keluar setelah pengeboman siang dan malam tanpa henti.

Militer Ukraina mengatakan semua drone telah dihancurkan. Tujuh telah menargetkan Kyiv, di mana sebuah gedung administrasi rusak, kata Wali Kota ibukota Vitali Klitschko.

Rusia meluncurkan total 85 serangan rudal, 35 serangan udara, dan 63 serangan dari berbagai sistem peluncuran roket dalam 24 jam terakhir, kata Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina dalam pengarahan harian, melansir Reuters 30 Desember.

Sementara, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan telah melakukan "serangan besar-besaran" pada energi Ukraina dan infrastruktur industri militer menggunakan senjata presisi tinggi, Interfax melaporkan.

Dikatakan serangan itu telah mengganggu produksi dan perbaikan peralatan militer dan pergerakan pasukan cadangan.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan, serangan itu terjadi pada infrastruktur energi dan sebagian besar berhasil dipukul mundur.

Daerah di mana kehilangan kekuasaan "sangat sulit" termasuk ibu kota Kyiv, Odesa dan Kherson di selatan dan daerah sekitarnya, termasuk di sekitar Lviv dekat perbatasan barat dengan Polandia, kata Presiden Zelensky.

"Tapi ini tidak seberapa dibandingkan dengan apa yang bisa terjadi jika bukan karena penembak anti-pesawat dan pertahanan udara heroik kami," terang Presiden Zelensky.

Terpisah, operator jaringan energi Ukraina Ukrenergo mengatakan, defisit dalam sistem energi Ukraina berada pada tingkat yang sama seperti sebelum serangan Hari Kamis.

"Konsekuensi dari kerusakan berdampak jauh lebih kecil pada pengoperasian sistem tenaga daripada yang diharapkan musuh," jelasnya, seraya menambahkan situasi "tetap sulit" di wilayah selatan dan timur.

Sejak Oktober, Rusia telah meluncurkan hampir setiap minggu serangan rudal dan pesawat tak berawak terhadap infrastruktur sipil di seluruh Ukraina, meninggalkan jutaan orang tanpa panas atau listrik saat musim dingin tiba.

Rusia mengatakan tujuannya adalah untuk mengurangi kemampuan Ukraina untuk berperang. Sebaliknya, Kyiv mengatakan serangan itu tidak memiliki tujuan militer dan dimaksudkan untuk menyakiti warga sipil, sebuah kejahatan perang.

Selain infrastruktur energi, militer Ukraina mengatakan pasukan Moskow juga menembaki 20 permukiman di sekitar kota Bakhmut yang dibom di Ukraina timur, tempat pertempuran paling sengit terjadi, dan lebih dari 25 permukiman di wilayah Kherson dan Zaporizhzhia.