Presiden Biden Sebut AS Tidak Membahas Latihan Nuklir dengan Korea Selatan
Presiden Biden bersama Presiden Yoon. (Wikimedia Commons/Official White House/Adam Schultz)

Bagikan:

JAKARTA - Amerika Serikat tidak membahas latihan nuklir bersama dengan Korea Selatan, kata Presiden Joe Biden pada Hari Senin, bertentangan dengan pernyataan rekannya dari Korea Selatan ketika ketegangan meningkat dengan Korea Utara.

Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol pada Hari Senin mengatakan, Seoul dan Washington sedang mendiskusikan kemungkinan latihan bersama menggunakan aset nuklir AS, usai pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mencap Korea Selatan sebagai "musuh yang tidak diragukan lagi".

"Tidak," kata Biden ketika ditanya wartawan di Gedung Putih apakah dia sedang mendiskusikan latihan nuklir bersama dengan Korea Selatan, melansir Reuters 3 Januari.

Presiden Biden diketahui baru saja kembali dari liburan di Kepulauan Virgin AS, di mana dia ditemani oleh penasihat keamanan nasionalnya, Jake Sullivan.

Komentar Presiden Yoon, dalam sebuah wawancara surat kabar yang diterbitkan pada Hari Senin, mengikuti seruannya untuk "persiapan perang" dengan kemampuan "luar biasa", setelah satu tahun rekor jumlah uji coba rudal Korea Utara dan intrusi pesawat tak berawak Korea Utara ke Selatan minggu lalu.

"Senjata nuklir milik Amerika Serikat, tetapi perencanaan, pembagian informasi, latihan dan pelatihan harus dilakukan bersama oleh Korea Selatan dan Amerika Serikat," kata Presiden Yoon dalam wawancara dengan surat kabar Chosun Ilbo.

Surat kabar itu mengutip Presiden Yoon yang mengatakan, perencanaan dan latihan bersama akan ditujukan untuk implementasi yang lebih efektif dari "pencegahan yang diperpanjang" AS dan bahwa Washington juga "cukup positif" tentang gagasan tersebut.

Istilah "pencegahan yang diperluas" berarti kemampuan militer AS, khususnya kekuatan nuklirnya, untuk mencegah serangan terhadap sekutu Negeri Paman Sam.

Amerika Serikat telah lama melakukan dialog pencegahan yang diperpanjang dengan Jepang, untuk membicarakan masalah nuklir dan memprakarsai dialog yang sama dengan Korea Selatan pada tahun 2016, kata Thomas Countryman, mantan wakil menteri luar negeri untuk pengendalian senjata, yang memimpin pertemuan pertama dialog tersebut.

"Belum jelas apa yang baru dalam pernyataan Presiden Yoon dan apa yang mengulang dari hal-hal yang sudah terjadi," kata Countryman pada Senin dalam wawancara telepon.

Countryman yang sekarang menjabat sebagai ketua dewan Asosiasi Pengendalian Senjata mengatakan, komentar Presiden Yoon yang diarahkan pada rakyat Korea Selatan, tampaknya sebagai tanggapan atas apa yang disebutnya sebagai provokasi dan retorika Korea Utara.

"Saya melihat ini sebagai upaya Presiden Yoon dan Pemerintahan Biden untuk meyakinkan pemerintah dan rakyat Korea Selatan, bahwa komitmen AS tetap solid."

Pernyataan Presiden Yoon diterbitkan sehari setelah media Pemerintah Korea Utara melaporkan, pemimpinnya Kim Jong-un telah menyerukan untuk mengembangkan rudal balistik antarbenua (ICBM) baru dan "peningkatan eksponensial" persenjataan nuklir negara itu.

Pada pertemuan Partai Buruh yang berkuasa pekan lalu, Pemimpin Kim mengatakan Korea Selatan telah menjadi "musuh yang tidak diragukan lagi" Korea Utara dan meluncurkan tujuan militer baru, mengisyaratkan satu tahun lagi uji coba dan ketegangan senjata intensif.