Amtrak Joe, Sisi Lain Joe Biden yang Gemar Naik Kereta Komuter
Joe Biden. (Twitter/JoeBiden)

Bagikan:

JAKARTA - Sukses memenangi Pilpres AS tak melulu membuat Joe Biden tersenyum ceria. Misalnya, kelak sebagai Presiden AS, Joe Biden tentu harus mengikuti aturan protokoler keamanan yang ditentukan oleh Secret Service.

Banyak hal yang tidak bisa dilakukan sesuai keinginan atau kebiasaannya. Salah satunya adalah menaiki Amtrak, layanan kereta komuter yang sering kali digunakan oleh Joe Biden.

Begitu berharganya Amtrak, Joe Biden sampai-sampai berniat untuk menaiki Amtrak saat berangkat menuju pelantikannya sebagai Presiden Amerika Serikat pada 20 Januari nanti. Sayang, kerusuhan di Capitol Hill dan meningkatnya ancaman keamanan, membuat Joe Biden tidak bisa menggunakan Amtrak di hari pelantikannya.

Di balik kegemaran Joe Biden menaiki Amtrak, ada kisah pilu. Joe Biden mulai menggunakan Amtrak untuk mobilitasnya sehari-hari pada tahun 1972. Tepatnya setelah istri pertamanya Neilia dan anak perempuannya Naomi yang baru berusia 1 tahun meninggal dalam kecelakaan mobil.

Tidak hanya itu, Joe Biden pun harus dilantik sebagai anggota Senat AS di samping ranjang putranya, Beau dan Hunter, di rumah sakit, melansir railway-news. Ya tahun itu Joe Biden baru terpilih sebagai anggota Senat AS.

Joe Biden
Joe Biden. (Twitter/JoeBiden)

Sejak saat itu, Joe Biden selalu menggunakan Amtrak untuk mobilitas bersama putra-putranya. Bahkan, sepanjang karirnya sebagai anggota Senat AS selama 36 tahun, selama itu pula ia selalu menaiki Amtrax, dari kediamannya di Welmington, Delaware menuju Washington DC.

Ia pun mendapatkan julukan 'Amtrak Joe' karena kebiasaannya ini. Bahkan, di hari terakhirnya sebagai Wakil Presiden empat tahun lalu, Joe Biden memilih menggunakan Amtrak untuk meninggalkan Washington DC. 

Selama kampanye Pilpres AS yang lalu, Joe Biden selalu menyebut Amtrak sebagai alat trasportasi favoritnya. Ia pun menaiki Amtrak untuk berkampanye di Ohio dan Pennsylvania. 

"Ini tidak secepat helikopter, tapi saya mendapat banyak teman, keluarga di Amtrak. Kereta itu membawa saya kembali ke rumah setiap malam. Membuat saya tetap membumi," katanya kepada AP seperti dilansir travelandleisure.

Amtrax
Ilustrasi Amtrax. (Aris/Unsplash)

Di tahun 2010, Joe Biden pernah menuliskan gagasannya mengenai kereta yang berjudul 'Why America Needs Train' untuk majalah Amtrak, Arrival. Selain karena faktor emosional, ada alasan lain yang membuatnya menggemari kereta.

"Dukung saya untuk perjalanan kereta api melampaui hubungan emosional. Dengan penundaan di bandara dan kemacetan di jalan kita yang semakin sering terjadi, harga bahan bakar yang tidak menentu, kesadaran lingkungan yang meningkat dan kebutuhan akan jaringan antar komunitas yang berkembang. Perjalanan kereta api menjadi lebih penting bagi Amerika daripada sebelumnya. Dukungan untuk Amtrak harus kuat, bukan karena itu adalah milik Amerika yang disayangi, melainkan karena itu adalah cara yang kuat dan sangat diperlukan untuk membawa kita semua menuju abad ke-21 yang lebih lebih bersih dan lebih hijau,” tulis Joe Biden.

Kelak, usai resmi dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat, Joe Biden harus meninggalkan Amtrak. Minimal selama empat tahun kedepan selama ia masih menjabat. Selamat bertugas 'Amtrak Joe'.