Ditunjuk Jokowi Jadi Menteri Perdagangan, M. Lutfi: Saya Berjanji Bekerja secara Transparan
Menteri Perdagangan, M. Lutfi. (Foto: Dok. Setpres)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto dalam Kabinet Indonesia Maju. Sebelumnya, Lutfi menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat.

Muhammad Lutfi mengaku, merasa amat terhormat setelah diberi kesempatan oleh Presiden Jokowi untuk memimpin kementerian perdagangan. Ia berjanji untuk bekerja secara optimal, khususnya dalam perbaikan ekonomi nasional di masa mendatang.

"Saya berjanji akan bekerja sekuat mungkin, sepandai mungkin, secakap mungkin untuk memastikan perekonomian Indonesia akan lebih baik di masa yang akan datang," tuturnya di Istana Negara Jakarta, Selasa, 22 Desember.

Menurut Lutfi, saat ini perekonomian global tengah menghadapi kondisi sulit akibat dampak pandemi COVID-19. Sehingga, Kementerian Perdagangan harus dapat menjalankan fungsinya dengan baik agar dapat memberikan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

"Beliau (Jokowi) mempercayakan saya untuk memimpin Kementerian Perdagangan, lembaga yang mekanismenya adalah memastikan bahwa arus barang berjalan dengan baik, kegiatan ekonomi berjalan dengan baik agar kesejahteraan dapat tercipta bagi rakyat Indonesia," ucapnya.

Lutfi menganalogikan kementerian yang dipimpinnya seperti wasit dalam permainan bertinju. Di mana penjualnya adalah petinju dan rakyat Indonesia adalah penontonnya.

"Ketika wasit tidak melakukan sesuatu dengan hal yang semestinya dilakukan, penonton dan petinju-petinju ini akan melihat kecurangan ataupun kekurangan. Oleh sebab itu saya akan berjanji menjadi transparan.

Kementerian ini akan memastikan juga bahwa ekonomi Indonesia harus berjalan secara baik, secara efisien untuk menyejahterakan bangsa dan negara," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan enam nama baru yang akan menduduki pos kementerian di Kabinet Indonesia Maju. Salah satunya Muhammad Lutfi yang ditunjuk sebagai Menteri Perdagangan RI.

"Beliau sebelumnya pernah menjabat sebagai Kepala BKPM, Mendag, Dubes Indonesia untuk Jepang dan terakhir Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat. Dan sekarang kita berikan tugas memimpin Kementerian Perdagangan. Saya rasa itu perkenalan yang bisa saya sampaikan sore ini," ujar Jokowi.

Sekadar informasi, Muhammad Lutfi sebelumnya ditugaskan menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat pada kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Pria kelahiran Jakarta, 16 Agustus 1969 ini pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono dan Wapres Boediono selama beberapa bulan, untuk masa jabatan 14 Februari hingga 20 Oktober 2014.

Kemudian, dirinya juga pernah menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Jepang dan Federasi Mikronesia masa jabatan 2010-2013.