Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) menggantikan Agus Suparmanto. 

Penggantian posisi menteri ini disampaikan oleh Presiden Jokowi secara langsung bersama dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Istana Negara, Selasa, 22 Desember.

"Terakhir, Bapak Muhammad Lutfi. Beliau akan kami berikan tugas memimpin Kementerian Perdagangan," kata Jokowi saat mengumumkan nama menteri barunya yang ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi memaparkan sejumlah jabatan yang pernah diduduki Lutfi yaitu sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Selain itu, dia juga pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan pada 2014 lalu saat masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Kemudian, Lutfi juga tercatat pernah menduduki jabatan sebagai Duta Besar Indonesia untuk Jepang pada 2010 hingga 2013 dan menduduki jabatan sebagai Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat pada September lalu.

Selain Lutfi, ada sejumlah nama lain yang ditunjuk Jokowi menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju. Mereka adalah Tri Risma Harini sebagai Menteri Sosial (Mensos), Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wahyu Sakti Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan, dan Yaqut Cholil Coumas sebagai Menteri Agama. 

Selanjutnya para menteri ini akan dilantik pada Rabu, 23 Desember besok.