Presiden Putin: Kebijakan Lawan Geopolitik Kami yang Ingin Memecah Belah Rusia, Akar dari Konflik Ukraina
Presiden Rusia Vladimir Putin. (Sumber: Kremlin)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Rusia Vladimir Putin pada Hari Minggu mengatakan, kebijakan lawan geopolitik negaranya, menjadi akar dari perang di Ukraina yang sudah berlangsung selama 10 bulan.

"Kebijakan lawan geopolitik kami, yang bertujuan untuk memecah belah Rusia, adalah akar dari konflik Ukraina," kata Presiden Rusia tersebut, melansir Sputnik News 25 Desember.

Lebih jauh Presiden Putin juga menyebutkan, Rusia siap bernegosiasi dengan semua pemangku kepentingan dalam krisis geopolitik.

"Kami siap untuk bernegosiasi dengan semua peserta dalam proses ini (konflik di Ukraina), mengenai beberapa resolusi yang dapat diterima, tetapi itu adalah urusan mereka. Merekalah dan bukan kami yang menolak untuk bernegosiasi," urai Presiden Putin.

Pemimpin Rusia itu juga mengatakan, bangsanya melakukan hal yang benar di Ukraina.

"Saya pikir kami bertindak ke arah yang benar, kami melindungi kepentingan nasional kami, kepentingan warga negara kami, rakyat kami. Dan kami tidak punya pilihan selain melindungi warga negara kami," tegas Presiden Putin.

Diketahui, Rusia melancarkan operasi militer khusus pada 24 Februari yang disebut untuk melindungi penutur bahasa Rusia asli dan denazifikasi. Sementara, Ukraina dan Barat menilainya sebagai invasi tanpa alasan.