Perdana, Turki Sukses Luncurkan Rudal Supersonik Balistik Udara-ke-Darat TRG-230 Menggunakan Drone
Roket TRG-230 di Drone Akinci Turki. (Twitter/@Defence_IDA)

Bagikan:

JAKARTA - Turki kembali menunjukkan keunggulannya di bidang pengembangan drone, khususnya drone militer, dengan keberhasilan melakukan uji coba penembakan rudal supersonik berbasis drone.

Rudal supersonik yang digunakan adalah jenis rudal udara-ke-darat TRG-230, yang sukses menghantam target dengan akurat dari jarak 100 kilometer dalam tes terbaru.

Rudal supersonik yang dikembangkan oleh Roketsan di bawah koordinasi Kepresidenan Industri Pertahanan (SSB) itu, ditembakkan dari kendaraan udara tak berawak (UCAV) Akinci besutan Baykar.

Akinci, yang lepas landas dari pangkalan di Distrik Çorlu, Provinsi Tekirdağ barat laut dan menempuh jarak sekitar 700 kilometer dari Provinsi Sinop Laut Hitam utara, mencapai targetnya lebih dari 100 kilometer jauhnya. Prestasi tersebut menandai rudal supersonik balistik pertama yang diluncurkan dari udara ke darat di Turki.

Rudal tersebut hanya diintegrasikan pada drone Akinci untuk saat ini, dan tidak ada informasi lebih lanjut apakah rudal tersebut akan diintegrasikan pada UCAV lain seperti Anka, Aksungur atau Bayraktar TB2.

"Bayraktar AKINCI mencapai target dengan UAV TRG-230, rudal supersonik pertama Türkiye yang dikembangkan oleh Roketsan, dari jarak 100 kilometer," tulis Chief Technology Officer (CTO) Baykar Selcuk Bayraktar dalam unggahan di Twitter, melansir Daily Sabah 19 Desember.

Rudal TRG-230-UAV, yang memiliki jangkauan efektif 20 kilometer hingga 150 kilometer, mencapai targetnya dengan akurasi yang tepat.

Amunisi besutan domestik tersebut mempertahankan sensitivitasnya yang tinggi bahkan dengan gangguan GPS dan dapat menyerang target tetap serta target bergerak. Titik-titik strategis seperti artileri dan sistem pertahanan udara, stasiun radar dan fasilitas logistik termasuk di antara target TGR-230.

Selain rudal supersonik balistik TRG-230, sejumlah amunisi juga suskes diluncurkan dari Akinci, antara lain bom miniatur MAM-C/L/T, TEBER-82, KGK-SİHA-82, LGK-82 dan TOLUN.