Tetap Pakai Nomor 2 Seperti Pemilu 2019, Gerindra Sedang Ikhtiar Jadi Pemersatu Bangsa
Anggota Komisi III DPR RI Habiburokhman (Foto: Jaka/Man)

Bagikan:

JAKARTA - Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) tetap memilih menggunakan nomor lama dalam pengundian nomor urut parpol peserta pemilu yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu, 14 Desember. Partai yang diketuai Prabowo Subianto ini tetap memakai nomor 2 karena sedang berikhtiar untuk menjadi partai pemersatu bangsa.

Wakil Ketua Umum Gerindra, Habiburokhman, mengatakan partainya ingin membawa keseimbangan di Indonesia agar tak terjadi lagi keterbelahan, seperti yang terjadi pada Pilpres 2019 lalu.

"Partai Gerindra pembawa keseimbangan di negara kita saat ini. Kami berikhtiar menjadi pemersatu agar tidak ada keterbelahan di tengah-tengah anak bangsa," ujar Habiburokhman, Kamis, 15 Desember.

Menurutnya, nomor 2 adalah simbol keseimbangan. Di mana, dalam tubuh manusia mayoritas organ masing-masing diciptakan sebanyak dua buah.

"Kalau mau dikait-kaitkan, angka dua itu simbol keseimbangan. Manusia punya dua mata, dua telinga, dua tangan dan dua kaki menjadi seimbang," ungkap anggota Komisi III DPR itu.

Namun, kata dia, pemilihan nomor dua utamanya untuk mempermudah sosialisasi Partai Gerindra dalam pemilu mendatang.

"Memang angka yang bagus dan sangat mudah untuk diingat jadi mempermudah sosialisasi," kata Habiburokhman.

Sebelumnya, Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyatakan nomor urut 2 dalam pemilu 2019 memiliki arti tersendiri. Pertama, nomor tersebut sudah melekat di masyarakat sehingga tidak sulit lagi bagi partai untuk melakukan sosialisasi.

Kedua, partai tidak repot lagi untuk membuat atribut kampanye atau sosialisasi, lantaran sudah dimiliki pada Pemilu 2019 lalu. Ketiga, nomor 2 memiliki arti victory atau kemenangan. Diharapkan, nomor tersebut bisa membawa Gerindra memenangkan Pemilu di tahun 2024.

"Nomor 2 artinya victory atau kemenangan dan kami berharap kemenangan ini bukan cuma kemenangan Gerindra, tapi buat alam demokrasi kita yang harus kita jaga baik-baik," kata Dasco saat sambutan acara undian nomor urut partai di Gedung KPU, Menteng, Jakarta, Rabu, 14 Desember, malam.