JAKARTA - Sebuah studi baru menemukan bukti setidaknya satu spesies dinosaurus mungkin perenang mahir, menyelam ke dalam air seperti bebek untuk berburu mangsanya.

Studi yang diterbitkan dalam 'Communications Biology' pada 1 Desember menggambarkan spesies yang baru ditemukan, Natovenator polydontus. Theropoda, atau dinosaurus bertubuh berongga dengan tiga jari kaki dan cakar di setiap tungkai, hidup di Mongolia selama periode Cretaceous Atas, 145 hingga 66 juta tahun lalu.

Para ilmuwan dari Seoul National University, University of Alberta dan Mongolian Academy of Sciences berkolaborasi dalam makalah tersebut.

Para peneliti menunjukkan, Natovenator memiliki tulang rusuk yang ramping, seperti burung penyelam.

"Bentuk tubuhnya menunjukkan bahwa Natovenator berpotensi sebagai pemangsa renang, dan tubuhnya yang ramping berevolusi secara mandiri dalam garis keturunan terpisah dari dinosaurus theropoda," tulis para penulis, melansir CNN 4 Desember.

Spesimen Natovenator sangat mirip dengan Halszkaraptor, dinosaurus lain yang ditemukan di Mongolia, yang diyakini para ilmuwan kemungkinan semiakuatik. Namun, spesimen Natovenator lebih lengkap daripada Halszkaraptor, sehingga memudahkan para ilmuwan untuk melihat bentuk tubuhnya yang ramping.

Baik Natovenator dan Halszkaraptor kemungkinan menggunakan lengan mereka untuk mendorong mereka melewati air, jelas para peneliti.

David Hone, seorang ahli paleontologi dan profesor di Queen Mary University of London, mengatakan kepada CNN, sulit untuk mengatakan dengan tepat di mana Natovenator termasuk dalam spektrum yang benar-benar tinggal di darat hingga yang benar-benar akuatik.

Natovenator polydontu
Ilustrasi Natovenator polydontus. (Sumber: Nature)

Tapi lengan spesimen "tampaknya cukup bagus untuk memindahkan air," katanya. Hone berpartisipasi dalam peer review untuk 'Communications Biology'.

Selain itu, Natovenator memiliki tulang yang padat, yang penting bagi hewan yang menyelam di bawah permukaan air. Seperti yang penulis tulis, ia memiliki "tubuh yang relatif hidrodinamik".

Langkah selanjutnya, kata Hone, adalah melakukan pemodelan bentuk tubuh dinosaurus untuk membantu para ilmuwan memahami dengan tepat bagaimana ia mungkin bergerak. "Apakah dia mengayuh dengan kakinya, sedikit mengayuh anjing? Seberapa cepat itu bisa terjadi?

Penelitian lebih lanjut juga harus melihat lingkungan tempat tinggal Natovenator. Spesimen itu ditemukan di Gurun Gobi Mongolia, tetapi ada bukti bahwa ada danau dan badan air lainnya di gurun itu di masa lalu.

"Ada pertanyaan nyata, oke, Anda punya dinosaurus berenang di padang pasir, di mana dia berenang?" dia berkata.

"Menemukan catatan fosil dari danau-danau itu akan sulit, tetapi cepat atau lambat, kita mungkin akan menemukannya. Dan ketika kami melakukannya, kami mungkin akan menemukan lebih banyak hal seperti ini," paparnya.

Sementara itu, Nizar Ibrahim, dosen senior paleontologi di University of Portsmouth, yang penelitiannya mencakup temuan yang mengindikasikan Spinosaurus kemungkinan besar semiakuatik, mengatakan kepada CNN bahwa dia belum sepenuhnya yakin dengan temuan penelitian tersebut. Dia berpendapat analisis kuantitatif yang lebih ketat akan membuat temuan lebih menarik.

"Saya ingin melihat, misalnya, deskripsi nyata kepadatan tulang, osteohistologi hewan, dalam kumpulan data yang lebih besar," katanya.

"Bahkan anatomi tulang rusuk, jika mereka memasukkannya ke dalam gambaran yang lebih besar, kumpulan data besar yang akan sangat membantu," tandasnya.

"Bukti anatomi kurang jelas" untuk Natovenator renang daripada untuk Spinosaurus renang."

Dan seperti Hone, dia juga ingin tahu tentang perairan mana yang sebenarnya Natovenator mungkin pernah berenang.

“Lingkungan hewan ini ditemukan di Mongolia, sangat berlawanan dengan apa yang Anda harapkan untuk hewan pencinta air," sebutnya.

Namun dia berharap penelitian ini dapat membantu membuka pintu bagi gagasan yang lebih luas tentang perilaku dinosaurus.

Dinosaurus sebelumnya dianggap hanya terestrial, tetapi semakin banyak bukti yang muncul yang menunjukkan bahwa setidaknya beberapa spesies menghabiskan waktu di air sebanyak yang mereka lakukan di darat.

"Saya yakin akan ada lebih banyak lagi kejutan. Dan kita akan mengetahui bahwa dinosaurus tidak hanya ada dalam waktu yang sangat lama, tetapi juga, Anda tahu, sangat beragam dan sangat baik dalam menyerang lingkungan baru," tukas Ibrahim.