Bagikan:

JAKARTA - Kerajaan Inggris mengumumkan Mahkota St. Edward yang bersejarah telah dipindahan dari Menara London, sebelum digunakan pada penobatan Raja Charles III tahun depan.

Dilansir dari situs Royal Family 9 Desember, penobatan direncanakan berlangsung pada 6 Mei 2023.

"Sesuai tradisi, Raja akan dimahkotai dengan Mahkota St. Edward selama Layanan Penobatan di Westminster Abbey," sebut pihak pengumuman Kerajaan.

"Raja juga akan mengenakan Mahkota Negara Kekaisaran selama Ibadah," sambung pengumuman itu.

Mengutip BBC, pergerakan mahkota dirahasiakan sampai pengirimannya aman. Lokasinya saat ini belum diumumkan.

Mahkota St. Edward adalah mahkota yang secara historis digunakan pada saat Penobatan. Itu dikenakan oleh Yang Mulia Ratu Elizabeth III pada Penobatannya pada tahun 1953.

Makhota tersebut dibuat untuk Raja Charles II pada tahun 1661, sebagai pengganti mahkota abad pertengahan yang telah dilebur pada tahun 1649. Yang asli diperkirakan berasal dari santo kerajaan abad ke-11, Edward the Confessor, raja Anglo-Saxon terakhir di Inggris.

Mahkota itu produk khusus dari Royal Goldsmith, Sir Robert Vyner, pada tahun 1661. Meskipun ini bukan replika yang tepat dari desain abad pertengahan, ia mengikuti aslinya dalam memiliki empat salib-pattée dan empat fleurs-de-lis dan dua lengkungan.

Selain itu, mahkota tersebut terdiri dari bingkai emas padat dengan batu rubi, batu kecubung, safir, garnet, topas dan turmalin. Mahkotanya memiliki topi beludru dengan pita cerpelai.

Untuk diketahui, Mahkota St Edward 1661 muncul di lambang kerajaan Inggris Raya, logo Royal Mail, dan di lencana angkatan bersenjata Inggris.