Berdekatan dengan KTT ASEAN, Dubes RI Wakili Pemerintah Hadiri Penobatan Raja Charles III
Latihan malam parade militer Inggris jelang penobatan Raja Charles III. (Twitter/@RoyalFamily)

Bagikan:

JAKARTA - Duta Besar RI untuk Britania Raya merangkap Irlandia dan Organisasi Maritim Internasional akan mewakili Pemerintah Indonesia menghadiri penobatan Raja Charles III akhir pekan ini.

"Dubes RI di London yang akan mewakili Pemerintah RI," tulis juru bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah dalam keterangan kepada VOI, Rabu 3 Mei, menambahkan itu lantaran waktunya berdekatan dengan penyelenggaraan KTT ASEAN pekan depan di Labuan Bajo, NTT.

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Britania Raya merangkap Irlandia dan Organisasi Maritim Internasional Desra Percaya mengatakan, penetapan tanggal coronation pada 6 Mei 2022 sebenarnya sudah dari tahun lalu ketika Raja Charles III naik tahta. Namun, KBRI dan seluruh perwakilan asing di London menerima informasi lanjutan bulan lalu. Awal April, undangan resmi Pemerintah Inggris kepada Presiden RI diterima KBRI dan diteruskan ke Pusat.

"Dalam kaitan ini, Bapak Presiden telah mengirimkan surat kepada Raja Charles III pada 14 April 2023, menyampaikan ucapan selamat atas nama pemerintah dan rakyat Indonesia," tulis Duta Besar Desra dalam keterangannya.

"Undangan ditujukan kepada Kepala Negara atau Kepala Pemerintahan, dalam hal ini Presiden Joko Widodo. Melalui Ibu Menteri Luar Negeri, Presiden RI memberikan arahan agar Duta Besar RI London yang mewakili Indonesia. Hal ini karena Bapak Presiden harus berada di Indonesia untuk mempersiapkan KTT ASEAN 9 -11 Mei 2023," sambung keterangan itu.

Ini kali kedua Duta Besar Desra Percaya mewakili Pemerintah Indonesia dalam acara resmi yang digelar Kerajaan Inggris. Tahun lalu, ia hadir mewakili pemerintah dalam pemakaman mendiang Ratu Elizabeth II.

Diberitakan sebelumnya, lebih dari 2.200 orang akan menghadiri penobatan Raja Charles Inggris, kata pihak Istana Buckingham, termasuk perwakilan internasional dari 203 negara serta pekerja masyarakat dan badan amal.

Jemaat yang akan menghadiri penobatan di Westminster Abbey, London pada Sabtu, 6 Mei mendatang juga akan terdiri dari pemenang Hadiah Nobel, perwakilan agama hingga kepala negara dan menteri luar negeri, kata Istana Buckingham dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Reuters.

Selain para tamu tersebut, sekitar 400 anak muda yang mewakili organisasi amal akan dapat menyaksikan upacara penobatan dan prosesi dari dalam Gereja St. Margaret yang terletak di samping Westminster Abbey, sambung pernyataan itu.