Surya Paloh Sedang Berobat di Jerman, Absen Hadiri Pernikahan Putra Bungsu Jokowi Kaesang dengan Erina
Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh dipastikan tidak akan menghadiri deretan acara pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep yang digelar pada Sabtu, 10 Desember, besok.

Diketahui, prosesi akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan digelar di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Yogjakarta, Sabtu 8 Desember. Sehari setelahnya, Minggu, 11 Desember, kirab tasyakuran pernikahan keduanya akan berlangsung di Loji Gandrung, Solo, Jawa Tengah.

Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik DPP Partai NasDem, Charles Meikyansah, menjelaskan Surya Paloh akan absen di acara bahagia tersebut lantaran tengah berada di Jerman untuk berobat. Charles mengungkapkan, agenda berobat Surya Paloh ke Jerman sudah terjadwal sejak tahun lalu.

"Mohon maaf, Bapak Surya tidak bisa hadir memenuhi undangan karena tengah berobat yang sudah terjadwal dari tahun lalu ke Jerman," ujar Charles dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat, 9 Desember.

Namun, Charles mengatakan, Surya Paloh sudah menyurati Presiden Jokowi perihal ketidakhadirannya itu. Ketua umumnya juga mengucapkan selamat ke Jokowi atas pernikahan Kaesang dan Erina.

"Bapak Surya berkirim surat ke Pak Jokowi dan ucapkan selamat untuk kedua mempelai dan keluarga besar Presiden Jokowi," katanya.

"Tentu Pak Surya ikut berbahagia dan mendoakan yang terbaik untuk pengantin baru," imbuhnya.

Anggota Komisi XI DPR ini juga menjelaskan, Surya Paloh sudah berada di luar negeri sejak 24 November 2022 hingga awal Januari 2023. Charles menambahkan, sebetulnya Surya Paloh sangat berharap bisa hadir langsung di momen istimewa putra bungsu Presiden Jokowi itu.

"Pak Surya Paloh telah menerima undangan resepsi Kaesang dan Erina beberapa waktu lalu, tapi berhalangan menghadirinya," tambah Charles.