Jelang Libur Nataru, Belum Ada Lonjakan Penumpang Bus di Terminal Kalideres
Terminal Kalideres Jakarta Barat/ Foto: Rizky Sulistio/ VOI

Bagikan:

JAKARTA - Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, belum terlihat adanya lonjakan penumpang di Terminal bus antar kota dan provinsi (AKAP) Kalideres Jakarta Barat pada Selasa, 6 Desember.

"Belum ada tanda-tanda peningkatan, masih normal," kata petugas tersebut saat ditemui di Terminal Kalideres, Selasa, 6 Desember.

Tak ada aktivitas penumpang yang turun atau naik bus cukup signifikan di terminal tersebut. Kemudian, tidak terlihat antrean yang timbul di sejumlah loket perusahaan yang tersedia di Terminal Kalideres.

Biasanya menjelang libur pada hari besar, terdapat posko-posko untuk melakukan pengecekan kesehatan sopir bus atau inspeksi kelaikan bus. Namun memasuki hari keenam bulan Desember ini, belum ada posko tersebut yang berdiri di lingkungan Terminal Kalideres.

Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen mengatakan, puncak lonjakan penumpang itu terjadi pada tanggal 29 dan 30 Desember 2022.

"Kalau dilihat dari datanya, puncaknya penumpang itu tanggal 29 dan 30 Desember 2022, sesudah Natal dan menjelang tahun baru," kata Revi kepada wartawan.

Menurut Revi, pada momen libur Nataru tahun ini penumpang tidak akan sebanyak seperti libur lebaran. Sebab pada tahun ini Hari Natal jatuh pada hari Minggu.

"Kemungkinan penumpang agak sedikit karena jatuhnya Hari Natal ini hari minggu. Jadi tahun ini diprediksi sama dengan hari minggu-minggu biasanya," ujarnya.