Libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, 4 Terminal Bus di Jakarta Layani Pemeriksaan Kesehatan Gratis
Terminal Pulo Gebang di Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. (dok Terminal Pulo Gebang)

Bagikan:

JAKARTA - Dinas Kesehatan DKI Jakarta melayani pemeriksaan kesehatan penyakit tidak menular secara gratis jelang Hari Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) di empat terminal antarkota di DKI Jakarta.

Terminal tipe A yang melayani pemeriksaan kesehatan tersebut di antaranya di Gedung C lantai 2 Terminal Pulogebang, Terminal Kalideres, Terminal Kampung Rambutan, dan Terminal Tanjung Priok.

"Siapkan libur Nataru dengan aman. Lakukan pemeriksaan kesehatan penyakit tidak menular dan vaksinasi COVID-19 gratis di terminal antarkota DKI Jakarta," kata Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila dalam keterangannya, Selasa, 20 Desember.

Ngabila menguraikan, layanan pemeriksaan penyakit ini dibuka selama musim libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, mulai 19 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.

"Layanan dibuka jam 10.00-15.00 WIB setiap hari, tidak ada hari libur," ungkap Ngabila.

Terminal Pulo Gebang di Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. (Antara)

Jenis pemeriksaan yang dilakukan adalah tekanan darah, gula darah, lingkar perut, berat badan, tinggi badan, dan faktor risiko penyakit tidak menular lainnya. Dinkes DKI juga melakukan tes keseimbangan dan tes urine untuk pengemudi.

Sementara, untuk warga yang ingin vaksinasi jenis vaksin COVID-19 yang dilayani adalah Pfizer dan Zifivax.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut, pihaknya mulai melakukan kesiapan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) dengan ramp check sejak tanggal 7 hingga 9 Desember. Lebih dari 2 ribu bus, sebut Syafrin, siap melayani libur Nataru.

"Untuk arus mudik Natal kita siapkan 2.258 bus AKAP. Itu melayani penumpang di 4 terminal utama yang kita şiapkan, di Kalideres, Tanjung Priok, Pulogebang dan Kampung Rambutan," ucap Syafrin.

Sejalan dengan itu, Dishub DKI juga menyiapkan angkutan malam hari (amari). "Nanti amari akan melayani untuk masyarakat yang bermobilitas. Tapi memang akan kita koordinasikan ke terminal-terminal yang melayani bus AKAP tadi, juga untuk 13 koridor bus rapid transit, itu nanti akan dilayani dengan amari," ujarnya.