Usai Anies Baswedan Lengser, Pemprov DKI Pasang Pagar di Sekeliling Tebet Eco Park
Tebet Eco Park di Tebet, Jakarta Selatan. (dok PT. Astra Land Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta memutuskan untuk memasang pagar di sekeliling Tebet Eco Park. Pemagaran ini dilakukan untuk pembatasan jumlah kapasitas pengunjung.

“Pemagaran adalah bagian kedua dari solusi yang diupayakan setelah melakukan pembatasan jumlah pengunjung taman dengan pembuatan sistem pendaftaran masuk pengunjung melalui JAKI yang telah diterapkan sejak Juli 2022," kata Plt. Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Fajar Sauri dalam keterangannya, Selasa, 20 Desember.

Fajar mengungkapkan, pemagaran juga dilakukan untuk menjaga vegetasi tanaman dengan adanya manajemen kunjungan dan aktivitas warga di area Tebet Eco Park.

Tebet Eco Park juga tidak didesain sebagai taman yang beroperasi selama 24 jam. Sehingga, pemagaran sebagai langkah untuk menjaga keamanan kawasan taman.

“Pagar ini dirancang untuk menjaga keterbukaan taman dengan visibilitas maksimal, sesuai dengan fungsi dan tujuan awal desain taman yang hijau dan terbuka. Namun, tetap dengan menjaga fungsi pagar sebagai batas pengaman area taman, sehingga turut mencegah penyalahgunaan area taman,” urainya.

Tebet Eco Park di Tebet, Jakarta Selatan. (Antara)

Pagar ini dibangun permanen dengan panjang kurang lebih 1.700 meter persegi yang mengelilingi seluruh taman. Pagar itu berbahan perforated steel.

Pemagaran ini tidak menggunakan APBD, melainkan melalui skema SP3L (surat persetujuan penunjukan penggunaan lokasi atau lahan) yang merupakan kewajiban bagi pengembang yang melakukan pembangunan kawasan di atas 5.000 meter di Jakarta.

Izin prinsip terkait pembangunan pagar dan pemasangan sensor jembatan di Tebet Eco Park telah terbit pada September 2022. Kemudian, dilanjutkan dengan pelaksanaan pemagaran yang direncanakan selesai pada Maret 2023.

Tebet Eco Park sebelumnya sempat membeludak pada awal pembukaan. Saat itu Anies Baswedan yang masih menjabat Gubernur DKI Jakarta pun menginstruksikan untuk menutup taman kota tersebut untuk perbaikan.

Tebet Eco Park kini kembali dibuka dengan sistem pendataan pengunjung. Usai Anies lengser habis masa jabatan, ada penambahan pagar di sekeliling taman itu.

Terkait