Liburan Selesai, Ribuan Pemudik Mulai Serbu Jakarta Lewat Jalur Darat
Terminal Terpadu Pulogebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Penumpang bus pada arus balik libur perayaan Natal dan Tahun Baru mulai kembali membanjiri Terminal Terpadu Pulogebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur pada Selasa, 2 Januari 2024.

Danru 03 Terminal Terpadu Pulogebang, Mujib Tambrin mengatakan, lonjakan tersebut mulai terdata sejak Senin, 1 Januari 2024 kemarin. Lalu, kedatangan penumpang didominasi dari wilayah pulau Jawa.

"Terpantau dari tanggal Senin 1 Januari 2024, kami sudah mendata yang datang ada 302 bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan jumlah penumpang 1.708 orang," kata Mujib kepada wartawan, Selasa, 2 Januari 2024.

Selanjutnya pada Selasa, 2 Januari, terdapat 348 bus AKAP yang masuk dan penumpang ada 2.356 orang.

"Artinya perbandingan dari tanggal 1 Januari dan 2 Januari ini ada peningkatan," ucapnya.

Mujib memperkirakan puncak lonjakan arus balik libur Nataru akan terjadi pada Selasa, 2 Januari hingga Rabu, 3 Januari, besok.

Diperkirakan jumlah kedatangan penumpang saat puncak lonjakan akan mencapai lebih kurang 2.000 orang.

"Perkiraan kami mungkin nanti malam di tanggal 2 dan tanggal 3 itu kemungkinan besar arus balik penumpang yang balik penumpang akan tiba," katanya.

Mujib menjamin pihaknya akan melayani dengan maksimal kenyamanan hingga keamanan para penumpang yang tiba di Terminal Terpadu Pulogebang. Sebab petugas gabungan pun telah dikerahkan untuk pengawasan dan pengamanan 1x24 jam di lokasi terkhusus masa nataru.

"Pengamanan selama 24 jam dari pihak intern kami sendiri dan dibantu juga oleh rekan-rekan dari TNI maupun Polri," katanya.

Sementara, Ratu (26) seorang penumpang yang datang dari Brebes usai menikmati libur Nataru mengatakan, dirinya kembali pulang ke kediamannya di Jakarta saat ini untuk menghindari kemacetan. Selain itu dirinya ingin mengajak anaknya beristirahat lebih lama jelang memasuki waktu masuk sekolah.

"Pulang sekarang supaya menghindari macet dan mudah dapat (tiket bus) mobil," tambahnya.