Menteri Jokowi Jadi Panitia Pernikahan Kaesang, Wapres Ma'ruf: Enggak Ada Masalah, Itu Sudah Biasa
Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan keterangan kepada wartawan di Pangkalan TNI Angkatan Udara Manuhua, Biak Numfor, Papua, Jumat (2/12/2022). (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin memandang keterlibatan sejumlah menteri Presiden Joko Widodo menjadi panitia pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono tidak menjadi masalah.

Menurut Ma'ruf, biasanya panitia penyelenggaraan hajatan suatu keluarga memang diisi oleh orang-orang terdekat. Ma'ruf memandang menteri yang terlibat pada pernikahan putra bungsu Kepala Negara itu merupakan orang yang memang dekat dengan Jokowi.

"Saya kira enggak ada masalah. Itu sudah biasa. Sebab, kalau kita melakukan hajatan, tentu yang ada di sekeliling kita, (termasuk) Presiden, tentu yang ada di sekelilingnya," kata Ma'ruf di Istana Wakil Presiden, ditayangkan dalam YouTube Wakil Presiden Republik Indonesia, Senin, 5 Desember.

Yang terpenting, ditekankan Ma'ruf, urusan kepanitiaan pernikahan Kaesang yang dijalankan oleh menteri-menteri tersebut tidak mengganggu kerja mereka di kementerian masing-masing.

"Soal kepanitian itu kan soal orang-orang yang dekat. Siapa yang dekat, yang berada di lingkungannya itu yang jadi panitia. Kalaupun ada pejabat, ya tidak boleh mengganggu kinerja," ujar dia.

Sebagai informasi, sejumlah menteri Jokowi ikut mempersiapkan acara pernikahan Kaesang dan Erlina. Mereka adalah Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Kaesang dan Erina dijadwalkan melangsungkan akad nikah di Pendopo Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Sabtu 10 Desember 2022. Sementara tasyakuran pernikahan akan berlangsung pada Minggu, 11 Desember 2022 di Puro Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah.

Tasyakuran pernikahan Kaesang dan Erina tidak dilaksanakan di Graha Saba Buana, Solo, yang dulu menjadi tempat resepsi pernikahan dua kakak Kaesang, dan merupakan gedung milik keluarga Jokowi, karena gedung itu sudah disewa oleh masyarakat pada hari yang sama.