Ditemukan di Lahan Pertanian, Cincin Kawin Abad ke-14 Ini Laku Rp759 Juta
Cincin dari abad ke-14 yang ditemukan di Inggris. (Sumber: Noonans)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah cincin luar biasa dari abad ke-14 yang ditemukan oleh seorang pria dengan detektor logam, berhasil terjual di pelelangan dengan harga hampir 40.000 poundsterling atau sekitar Rp759.057.600

Cincin itu diyakini sebagai cincin kawin yang diberikan oleh Sir Thomas Brook, kepada istrinya Lady Joan Brook untuk pernikahan mereka pada tahun 1388.

Cincin itu ditemukan oleh mantan pengemudi kapal tanker susu David Board (69), di lahan pertanian di Thorncombe, Dorset, setelah dia melakukan deteksi logam di tahun 2019.

Pada kedalaman 12cm dia melihat apa yang dia pikir adalah bungkus manis, kemudian melihat lebih dekat dia menyadari itu adalah sebuah cincin dan memasukkannya ke dalam saku atas.

"Saya sangat senang cincin itu terjual, karena saya khawatir itu tidak akan laku," kata Board, melansir The National News 30 November

"Meskipun mendapat perhatian media dari seluruh dunia, kami berharap cincin itu tetap ada di negara ini," sambungnya.

Petugas penghubung penemuan, Lucy Shipley, membawa cincin itu ke British Museum dan memastikan itu berasal dari abad pertengahan dan contoh yang sangat langka.

Board berencana menggunakan bagiannya dari uang itu, untuk membantu putri pasangannya mengatur hipotek.

"Cincin ini dalam kondisi hampir sempurna dan memiliki berlian terbalik yang terpasang di bezel yang terangkat sehingga mencapai titik tertentu," terang Nigel Mills, dari Noonans di London.

"Lingkaran itu terdiri dari dua pita yang terjalin rapi yang melambangkan penyatuan pasangan."

"Di dalamnya ada tulisan dalam bahasa Prancis - 'Ieo vos tien foi tenes le moy' - artinya 'Saat aku memegang keyakinanmu, pegang keyakinanku'."

"Ini adalah hasil yang luar biasa untuk cincin cantik ini, yang memiliki aura luar biasa, yang membuat Anda tidak ingin mengembalikannya saat memegangnya," tandasnya.