Tips Memilih Cincin Kawin yang Bisa Dipakai Selamanya
Ilustrasi (Sandy Millar/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Salah satu detail yang perlu diperhatikan sebelum menikah adalah memilih cincin kawin. Mau seberapa sederhana atau mewahnya resepsi nanti, pemilihan cincin ini terbilang sangat penting karena akan dipakai dalam jangka waktu panjang bersama pasangan. 

Tidak hanya sebagai perhiasan, cincin kawin jadi simbol cinta dan ikatan terhadap masing-masing pasangan. Biar tidak bingung memilih, Anda bisa mempertimbangkan hal-hal berikut ini dulu sebelumnya: 

Budget

Pilihan cincin yang menarik tentunya sangat banyak, tapi agar lebih mudah mencarinya, mulailah dari menentukan budget. Dana untuk membeli sepasang cincin juga bisa dihitung-hitung lagi dari keseluruhan biaya untuk resepsi pernikahan. Buat yang suka cincin polos, bisa cukup menekan budget. Tapi Anda harus menyiapkan dana lebih bila ingin cincin dengan tambahan berlian. 

Model cincin

Di era sekarang ini, bentuk-bentuk cincin sudah semakin beragam. Paling sederhana biasa disebut dengan plain band, cincin bulat klasik tanpa bebatuan atau berlian, cocok bagi yang tidak suka ribet dan modelnya tidak termakan zaman. Namun, Anda juga boleh memilih tipe gem set dengan penyematan berlian yang lebih anggun. 

Selain itu, Anda juga bisa memilih cincin dengan bentuk yang berbeda. Jadi tidak hanya full bulat, tetapi bisa didesain sesuka hati. Pastikan model cincin ini memang yang paling Anda suka dan bisa dipakai dalam waktu lama. 

Bahan dan warna cincin

Kebanyakan cincin kawin terbuat dari bahan emas kuning. Namun, sah-sah saja kalau Anda ingin menggunakan silver, emas putih, platinum, atau warna rose gold yang kekinian. Semuanya bisa balik lagi ke selera. Untuk berat cincinnya, bisa disesuaikan dengan budget juga! 

Untuk pemilihan warna cincin juga bisa didiskusikan dulu dengan pasangan. Apakah mau sama atau berbeda. Tidak masalah kok kalau Anda ingin cincin warna emas kuning, sedangkan pasangan memilih emas putih. Biar terasa lebih seragam, Anda bisa menyamakan modelnya. 

Cari inspirasi terlebih dahulu

Sebelum hunting cincin ke toko emas, Anda juga bisa mencari-cari inspirasi di internet. Terkadang, melihat pajangan cincin yang sangat banyak di toko membuat Anda jadi bingung. Maka, setidaknya Anda sudah punya sedikit gambaran tentang cincin yang diinginkan. Kalau lebih spesifik, bisa request untuk custom sesuai yang Anda inginkan juga.