Militer Ukraina Sebut Rusia Tarik Pasukan dari Seberang Kota Kherson
Ilustrasi tentara Rusia di Ukraina. (Wikimedia Commons/Mil.ru)

Bagikan:

JAKARTA - Militer Ukraina pada Hari Kamis mengatakan Rusia telah menarik beberapa pasukan dari kota-kota di seberang tepi Sungai Dnipro dari kota Kherson, laporan resmi pertama Ukraina tentang penarikan Rusia di tempat yang sekarang menjadi garis depan utama di selatan.

Pernyataan itu hanya memberikan rincian terbatas dan tidak menyebutkan pasukan Ukraina yang melintasi Dnipro. Sejak Rusia meninggalkan Kherson, sembilan bulan setelah invasinya ke Ukraina, sungai itu sekarang membentuk seluruh bagian depan selatan.

Rusia telah menyuruh warga sipil untuk meninggalkan kota-kota dalam jarak 15 km dari sungai, menarik pemerintahan sipilnya dari Kota Nova Kakhovka di tepi sungai.

"Penurunan jumlah tentara Rusia dan peralatan militer terlihat di pemukiman Oleshky," kata militer, mengacu pada kota di seberang Kota Kherson, di ujung jembatan yang hancur di atas Dnipro, melansir Reuters 2 Desember.

"Pasukan ditarik dari permukiman tertentu di wilayah Kherson dan "disebar di jalur hutan," tambahnya. Reuters tidak dapat mengonfirmasi laporan tersebut secara independen.

Sementara itu, roket Rusia terus menghantam lingkungan di Kherson, memadamkan listrik di kota yang baru mulai pulih hampir tiga minggu setelah pasukan Rusia mengosongkan kota dan melarikan diri ke seberang sungai.

Sejumlah warga dibawa ke rumah sakit karena luka-luka akibat penembakan pada Kamis, sementara tentara berpatroli dan memeriksa kerusakan bangunan tempat tinggal.

Perang telah memasuki fase baru tanpa henti dengan dimulainya musim dingin pertama sejak invasi Rusia pada 24 Februari.

Setelah mundur ke selatan pada bulan November, Moskow memfokuskan senjatanya di bagian garis depan di timur dekat Kota Bakhmut, di mana ratusan tentara diperkirakan tewas setiap hari dalam pertempuran di parit yang dingin dan berlumpur, sedikit keuntungan wilayah yang dilaporkan di kedua sisi.

Angkatan bersenjata Ukraina melaporkan penembakan besar-besaran terhadap sejumlah desa garis depan di daerah tersebut.

Terpisah, sirene serangan udara meraung di seluruh Ukraina pada Kamis sore dan penduduk berlindung karena takut akan gelombang berikutnya dari serangan rudal dan drone besar-besaran hampir setiap minggu oleh pasukan Rusia. Tetapi, tidak ada laporan serangan rudal besar-besaran dan peringatan itu dicabut.

Diketahui, sejak awal Oktober, Rusia telah menggunakan serangan untuk melumpuhkan pasokan listrik, air dan panas di kota-kota Ukraina, yang menurut Kyiv dan Barat dimaksudkan untuk menyakiti warga sipil.

Serangan besar terakhir minggu lalu melumpuhkan panas dan listrik jutaan orang. Presiden Volodymyr Zelenskiy telah memperingatkan warga Ukraina untuk mengantisipasi gelombang serangan lainnya.

Kemarin, Wali Kota Kyiv Vitaliy Klitschko mengatakan kepada penduduknya untuk menyimpan air, makanan dan pakaian hangat jika terjadi pemadaman listrik total, menyarankan orang untuk mempertimbangkan tinggal bersama teman di pinggiran jika mereka bisa.