Bagikan:

JAKARTA - Berjongkok di saluran irigasi yang ditumbuhi rumput liar, tersembunyi dari drone musuh yang berkeliaran dengan menjorok pohon, tentara Ukraina menepis laporan media bahwa merebut kembali kota pelabuhan Kherson yang dikuasai Rusia akan menjadi hal yang mudah.

"Mereka memiliki garis pertahanan yang baik dengan parit yang dalam, dan mereka duduk jauh di bawah tanah," kata Vitalii, mencengkeram senapan serbu dan mengangguk ke garis pohon tempat musuh-musuhnya bersembunyi, melansir Reuters 27 Oktober.

"Pasukan lapis baja Ukraina perlu menghancurkan garis pertahanan itu," lanjutnya.

Dia dan yang lainnya di unit yang memegang posisi di utara Kherson mengatakan kepada Reuters Hari Rabu, mereka telah menyaksikan pasukan Rusia memperkuat barisan mereka, dibantu oleh wajib militer yang baru dimobilisasi.

"Mereka memperkuat posisi mereka, terutama di sisi sayap," kata Angel, seorang perwira Ukraina berjanggut, di luar pos komando unitnya di sebuah desa setengah hancur, yang sebagian besar penduduknya melarikan diri beberapa bulan lalu.

"Mereka percaya semakin dalam mereka menggali, semakin aman mereka," lanjutnya. Lokasi tidak dapat diidentifikasi berdasarkan peraturan militer Ukraina.

Pasukan Rusia berada di bawah tekanan artileri jarak jauh dan tembakan roket dari pasukan Ukraina yang mulai bergerak pada pertengahan Agustus untuk merebut kembali Kherson, yang terletak di tepi barat Sungai Dnipro yang luas dan distriknya.

militer rusia
Ilustrasi militer Rusia mengamati posisi tentara Ukraina. (Wikimedia Commons/Mstyslav Chernov)

Jatuhnya kota itu akan menjadi kekalahan lainnya bagi Presiden Rusia Vladimir Putin, yang bulan lalu memproklamirkan Provinsi Kherson dan tiga wilayah yang diduduki sebagian lainnya sebagai bagian dari Rusia, kendati pasukan Ukraina merebut kembali sebagian besar wilayah.

Pendudukan Kherson dapat membuat ribuan tentara Rusia yang terperangkap di tepi barat Dnipro, tidak dapat menyeberang dengan mudah ke timur. Pakar militer mengatakan, itu juga bisa membawa pangkalan Rusia di semenanjung Krimea yang dicaplok dalam jangkauan artileri berat.

Harapan meningkat pekan lalu bahwa pasukan Rusia bersiap untuk melepaskan Kherson, ketika otoritas pendudukan yang ditunjuk Moskow mulai mengevakuasi puluhan ribu penduduk dengan feri ke tepi timur Dnipro. Kherson adalah satu-satunya ibu kota regional yang diambil pasukan Rusia dalam "operasi militer khusus" yang diluncurkan Putin pada Februari.

Sementara itu, komandan pasukan pendudukan Moskow yang baru diangkat mengatakan situasi di kawasan itu "sangat sulit" dan "keputusan sulit tidak dapat dikesampingkan."

Tetapi, komandan unit Ukraina tidak melihat tanda-tanda orang Rusia akan pergi.

"Di media mereka mengatakan bahwa Rusia takut dan akan mundur," kata komandan yang akrab dipanggil Nikifor itu. "Itu tidak benar," sambungnya.

Tembakan artileri secara sporadis bergema di hamparan luas ladang dan pagar tanaman yang memisahkan pasukan Nikifor dan pasukan Rusia di selatan Kota Mykolaiv yang dikuasai Ukraina.

Nikifor mengatakan ada peningkatan baru-baru ini dalam penembakan Rusia setelah berminggu-minggu di mana itu berkurang secara signifikan.

"Di daerah kami, mereka cukup aktif. Mereka menembak setiap hari, dan mereka menggali parit dan bersiap untuk pertahanan. Kita bisa melihatnya," ungkapnya.

Transmisi radio Rusia yang dicegat menunjukkan, wajib militer Rusia yang baru-baru ini dimobilisasi digunakan untuk melakukan tugas-tugas seperti menggali parit dan memasak, kata Angel.

Dia mengatakan Rusia akan dipaksa keluar dari Kherson pada akhirnya, bahkan jika mereka memperkuat posisi mereka sekarang, mencatat bahwa Presiden Putin berencana untuk menaklukkan seluruh negara dalam tiga hari ketika dia meluncurkan invasi skala penuh pada bulan Februari.

"Mereka tidak punya rencana untuk mundur. Tidak pernah terpikir oleh mereka bahwa mereka harus mundur." sebut Angel.